POLA ASUH ORANG TUA PEKERJA TETAP DAN ORANG TUA FREELANCE UNTUK MENGATASI ANAK SPEECH DELAY
DOI:
https://doi.org/10.24252/sipakallebbi.v8i2.51549Keywords:
Parenting Style, Pola Asuh Orang Tua, Speech DelayAbstract
Banyak orang tua khawatir ketika mereka mengetahui bahwa anak mereka yang telah memasuki usia 3 tahun memiliki kendala dalam hal kemampuan bicara. Keterlambatan perkembangan bicara anak dapat disebabkan oleh kondisi oleh fisik dan faktor lingkungan anak. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Bagaimana gambaran speech delay pada anak usia dini dengan orang tua pekerja tetap dan orang tua freelance, 2) Bagaimana pola asuh orang tua pekerja tetap dan orang tua freelance dengan anak speech delay, 3) Apakah faktor penghambat dan faktor pendukung speech delay pada anak usia dini dengan orang tua pekerja tetap dan orang tua freelance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara terbuka. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Orang tua hendaknya harus memperhatikan setiap kebutuhan untuk perkembangan anaknya, diantaranya makanan, kesehatan, kasih sayang, nutrisi, stimulasi dan rasa nyaman yang konsisten, serta permainan yang memungkinkan anak untuk berimajinasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan orang tua agar dapat mencegah anak terjadinya keterlambatan berbicara yaitu dengan cara rajin mengajak anak berbicara dan berkomunikasi, batasi bermain gawai dan menonton televisi, berikan nutrisi yang cukup pada anak, kenalkan anak nama-nama benda, dan ajak anak dari kecil mendengarkan cerita karena salah satu cara untuk meningkatkan kosa kata anak.
Downloads
References
Aini, Qurotul dan Alifa, Putri. “Gangguan Keterlabatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun di RA An-Nuur Subang”, Jurnal Penddikan Islam Anak Usia Dini 1, no.1 (2022).
Fauzia, Wulan dkk, “Mengenali dan Menangani Speech Delay pada Anak”, Jurnal al-Shifa 1, no. 2 (2020).
Herpiyana, Ika. “Interaksi Sosial Anak yang Memiliki Hambatan Perkembangan Bicara (Speech Delay) di Paud Terpadu Tarbiyatul Athfal Uin Antasari Banjarmasin”, Skripsi. Banjarmasin: Fak. Tarbiyah dan Keguruan, 2021.
Husnayani. “Peran Orangtua Dalam Menangani Masalah Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun di Gampong Blang Oi Kecamatan Meuraxa”, Skripsi. Banda Aceh: Fak. Tarbiyah dan Keguruan, 2021.
Kurnia, Lita. “Kondisi Emosional Anak Speech DelayUsia 6 Tahun di Sekolah Raudhatul Athfal An-Najat Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak”, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no.2 (2020).
Lestari, Retnaning Muji. “Tinjauan Yuridis Terhadap Pemenuhan Hak Anak untuk Tumbuh Kembang pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud)”, JIKA 7, no. 2 (2023).
Ratnawati, Aminah Siti. “Mengenal Speech Delay Sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara pada Anak (Kajian Psikolinguistik)”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah 8, no.2 (2022).
Sari, Ratih Purnama Dan Nuryani, “Analisis Keterlambatan Berbicara (Spech Delay) Pada Anak Study Kasus Anak Usia 10 Tahun”, Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran.
Tasamen dkk, “Strategi Penanganan Gangguan (Speech Delay) Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Tk Negeri Pembina Surabaya”, Jurnal JECEDI 2, no. 1 (2020).
Zain, Raihanah. “Implementasi Terapi Wicara Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Pada Anak Speech Delay di Yayasan Al- Kindy Mas Akbar Anak Harapan Kota Makassar”, Skripsi. Makassar: Fak. Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, 2021.