PERSEPSI KOMUNITAS PESANTREN TERHADAP PROGRAM STUDI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM

  • Darmawati H UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Pesantren, Aqidah dan Filsafat Islam, Persepsi

Abstract

Penelitian ini berjudul “Persepsi Komunitas Pesantren terhadap Program studi  Aqidah dan Filsafat Islam” Permasalahan yang kami angkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengetahuan santri terhadap pelajaran aqidah dan filsafat dan bagaimana minat santri untuk masuk ke Prodi Aqidah dan Filsafat Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi santri terhadap pelajaran aqidah dan filsafat dan untuk mengetahui minat santri untuk masuk ke Prodi Aqidah Filsafat Islam.

Metodologi penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis atau lisan dari informan atau pelaku yang dapat diamati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teologis normatif yakni kajian yang melihat tentang konsep pemahaman ajaran Islam yang dipraktekkan oleh pesantren dari aspek Aqidah dengan rujukan pada teks-teks yang bersumber dari  Alquran dan hadis serta dari berbagai kitab kuning.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengetahuan santri terhadap pelajaran Aqidah dan filsafat, pada dasarnya santri telah mengetahui tentang aqidah filsafat. Mereka mengetahui lewat pelajaran yang telah diajarkan oleh para guru yang ada di pesantren. Pengetahuan tersebut diperoleh dari  hasil bacaan buku-buku dari kurikulum buku pelajaran Aqidah akhlak, atau dari hasil bacaan kitab kuning (as-Sullam) dan dari guru yang mengajar tauhid atau akidah akhlak, dari teman mereka serta dari media sosial. Pentingkah filsafat itu disajikan di pesantren ? mayoritas menganggap bahwa filsafat tidak terlalu penting disajikan di pesantren. Minat santri untuk masuk ke prodi Aqidah dan filsafat Islam, pada umumnya para santri kurang berminat untuk masuk ke prodi Aqidah dan Filsafat. Bagi santri yang berminat karena mereka ingin mengetahui asal-usul segala sesuatu. Kurangnya minat santri masuk ke prodi Aqidah dan filsafat, karena materi filsafat sangat berat, dan banyak menggunakan logika serta membutuhkan analisa yang mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daulawy, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia edisi Revisi, Cet. 1; Kencana: Jakarta, 2004.
Dawam, Ainun. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Cet. II; Sapen: Listafarika Putra, 2005.
Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 2010.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V, Jakarta: Balai Pustaka, 2009.
Dhofir, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren, Cet. I; Jakarta: LP3ES, 1998.
Echol, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Cet. XXVII; Jakarta: Gramedia Pustaka, 2005.
H.M. Haedari, Amin. dkk, Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global, Cet. Jakarta: IRD Press, 2004.
Idham dkk, Pesantren dan Studi Islam, Cet. I: Yogyakarta: Panrita Global Media, 2015.
Latif, Muhaemin. Dialektika Pesantren dengan Modernitas, Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren, Cet. I; Jakarta: Dian Rakyat, 2010.
Muhammad, Husain. Kontekstualisasi Kitab Kuning: Tradisi Kajian dan Metode Pengajaran, dalam buku “Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren” Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.
Panduan Akademik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar tahun 2011.
PMA No. 18 tahun 2014.
Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah, Cet. I; Jakarta: Kencana, 2017.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran , Vol.14, Cet. VIII; Jakarta: Lentera, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2011.
Wahid, Abdurrrahman. Pesantren Masa Depan, Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.
Nawawi, Sejarah dan Perkembangan Pesantren, Jurnal Ibda, Vol. IV No. 1, Jan-Juni 2006. Diakses pada tanggal 18 Februari 2018.
http://www.duniapsikologi.com/persepsi-pengertian-definisi-dan-faktor-yang-mempengaruhi/ diakses pada tanggal 10 Oktober 2018.
Kendi, NU Online 9 November 2017, Google, diakses 19 Maret 2018.
Palembang tribunnews.com, Sripoku.com, Senin 19 Maret 2018), diakses pada 15 September 2018.
Ponpes MDIA Bontoala, http://mdiabontoala.sch.id/profil/ diakses pada tanggal 11 Oktober 2018.
Ponpes Multidimensi Al-Fakhriyah, Sejarah Ponpes Al-Fakhriyah, http://ponpes-alfakhriyah.sch.id/sejarah-ponpes-al-fakhriyah-makassar/ diakses pada tanggal 11 Oktober 2018.
Published
2021-12-30
How to Cite
H, D. (2021). PERSEPSI KOMUNITAS PESANTREN TERHADAP PROGRAM STUDI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 15(2), 106 - 128. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/view/28026
Section
Artikel
Abstract viewed = 43 times