ETIKA SANTRI TERHADAP GURU (STUDI DI PONDOK PESANTREN TAHDFIZUL QUR’AN BAITURRAHIM KABUPATEN KOLAKA)
DOI:
https://doi.org/10.24252/sulesana.v19i1.58399Keywords:
Ethic, Santri, Teacher, Islamic Boarding SchoolAbstract
Penelitian ini menganalisis Etika Santri Terhadap Guru di Pondok Pesantren Tahdfizul Qur’an Baiturrahim dengan menggunakan pendekatan teologis dan fenomenologi sebagai karangka metodologis. Hasil penelitian menujukkan terdapat beberapa bentuk Etika Santri Terhadap Guru dalam menciptakan hubungan yang harmonis dan keberkahan antara santri dan guru, yaitu: hormat dan taat; etika dalam berbicara; mendahulukan guru dan Pembina; menjaga akhlak di hadapan guru dan Pembina; tidak membantah guru dan Pembina; serta mengamalkan ilmu yang diberikan. Etika sangat ditekankan di dalam Pondok Pesantren karena mengajarkan nilai-nilai moral dan adab yang akan menjadi bekal hidup santri di masa depan. Hasil penelitian juga menunjukkan Implikasi Etika Santri Terhadap Pembentukan Karakter di Pondok Pesantren Tahdfizul Qur’an Baiturrahim sangat signifikan. Pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan akademik dan keagamaan, tetapi juga sebagai tempat pembinaan moral dan spiritual. Beberapa Impilikasi Etika dalam Pembentukan karakter di Pondok Pesantren Tahdfizul Qur’an Baiturrahim yaitu penguatan akhlak mulia; kedisiplinan dan tanggung jawab; pembentukan karakter kemandirian; pengedalian diri dan kesabaran; serta internalisasi nilai-nilai spiritual. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positid dalam memberikan pemahaman tentang Etika Santri Terhadap Guru di Pondok Pesantren. Penelitian ini juga menjadi landasan untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang Etika. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan pandangan baru dan pemahaman komprehensif tentang Etika Santri Terhadap Guru di lingkungan pesantren.
Downloads
References
Ahmad Rijal S.pd.i, ‘(27 Tahun) Wawancara Pembina Dan Guru Di PPTQ Baiturrahim, Kolaka 17 Desember 2024’
Alim Hamzah, ‘(25 Tahun) Wawancara Pembina Dan Guru Di PPTQ Baiturrahim, Kolaka 17 Desember 2024.’
Aswar Amir, ‘(26 Tahun) Wawancara, Tenaga Pengajar PPTQ Baiturrahim, Kolaka 2 September 2024’
Cholis, and Yasmadi, ‘Yasmadi, Modernisasi Pesantren, Kritik Nur Cholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, (Jakarta: Ciputat Press, 2002), Hal. 61’, UINFAS Bengkulu, 2023, 37–41
Duri, Is Lupika, ‘Etika Santri Terhadap Guru Dalam Islam Analisis Perspektif Al-Ghazali: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Sakinatul Abror’ (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2019)
Halim Qur’an, Al-Qur’an Dan Terjemahnnya”(Surabaya:Kementrian Agama Republik Indonesia,2014)h,420.
Ikhsanuddin, Muhammad, and Amrulloh Amrulloh, ‘Etika Guru Dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dan Undang-Undang Guru Dan Dosen’, Jurnal Pendidikan Islam, 3.2 (2019), 331–55
Naila Fauziatun Nikmah, ‘Bab II Teori Pembentukan Karakter’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2012), 287
Nandya, Anisa, ‘Etika Murid Terhadap Guru (Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim Karangan Syaikh Az-Zarnuji)’, Mudarissa, 2.1 (2010), 163–328
Raihan Hilal, ‘(24 Tahun) Wawancara, Tenaga Pengajar PPTQ Baiturrahim, Kolaka 20 November 2024’
Rian Maulana, ‘20 (Tahun) Wawancara, Santri PPTQ Baiturrahim, 17 Desember 2024’
Saida, Henny, ‘Jurnal Law Pro Justitia Vol. IV No. 2 – Juni 2019 ETIKA DAN TATA TERTIB DISIPLIN MAHASISWA Oleh: Henny Saida Flora’, Jurnal Law Pro Justitia, IV.2 (2019), 22–41
Septi, ‘Pengertian Etika Dan Macam-Macam Etika’, 2021, 40–40
Sulaiman Rusydi, ‘PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN: Institutionalization of Pesantren Education’, Jurnal Insika, 9 No 1 (2016), 148–74
Wilujeng, Sri Rahayu, ‘Filsafat , Etika Dan Ilmu : Upaya Memahami Hakikat Ilmu Dalam Konteks Keindonesiaan’, Humanika, 17.1 (2013), 79–90
Yusuf Anwar, ‘(22 Tahun) Wawancara, Santri PPTQ Baiturrahim, 3 September 2024’
Zainal Efendi Hasibuan, ‘Profil Rasulullah Sebagai Pendidik Ideal Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia, Jurnal Fitrah, Volume 8, No.2, 2014.