Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas Ix di Smpn 2 Donri-Donri Kabupten Soppeng

Penulis

  • Nurhayati Nurhayati Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam UIT Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/.v9i2.1317

Abstrak

Memilih metode pembelajaran secara tepat, penggunaan mediayang bervariasi, berusaha dengan lebih telaten dalam memahamkan siswa agarbisa diminimalkan dan selalu berusaha menjelaskan kembali siswa yang kesulitanmembaca Al-Qur’an, seringnya guru memberikan tugas kokurikuler (PR),memberikan peringatan kepada siswa, serta selalu memberikan motivasi bagisiswa yang mengalami kesulitan. Saran-saran dalam penelitian ini bagi guru PAI adalah sudah semestinyaseorang guru yang mengajar Al-Qur’an harus profesional dalam bidangnya dansudah menunjukkan hasil yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[1] Ad-Duweisy, M. Abdullah. 2005. Menjadi Guru Yang Sukses dan Berpengaruh. Surabaya: Fitra Mandiri.
[2] An-Nawawi, Imam. Muhyidin. 2006. Syarah Arba’in Nawawi. Jakarta: Darul Haq.
[3] An-Nawawi, Imam. 2007. Bersanding Dengan Al-Qur’an. Bogor: Pustaka Ulul Albab.
[4] Asy-Syilasyabi, Abu Yahya. 2007. Cara Mudah Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid. Yogyakarta: Daar Ibn Hazm.
[5] Amin, Samsul Munir. 2007. Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami, Jakarta: Amzah.
[6] Ats-Tsuwaini, Moh. Fand. 2009. 10 Metode Agar Anak Mencintai Al-Qur’an. Yogyakarta: Al-Ajda Press.
[7] Ash-Shaabuniy, M. Aly. 1999. Study Ilmu Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.
[8] Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Putra.
[9] Baidan, Nasruddin. 2002. Metode Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[10] Cara Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an (http//galaksi Islam.Wordpress.com/art diakses Minggu 28 Februari 2010).
[11] Depag. Al-Qur’an dan Terjemahnya. 2005. Bandung: Jumanatul Aly.
[12] Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[13] Daradjat, Zakiah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
[14] Fuhaim Musthafa, Syaikh. 2009. Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, terj., Wafi Marzuki Ammar Surabaya: Pustaka Elba.
[15] Hamijaya, Nunu, dkk. 2007. Cara Mudah Bergembira Bersama Al-Qur’an. Bandung: Jembar.
[16] Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1976. Jakarta: Balai Pustaka.
[17] Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
[18] Maidir, Harun. 2007. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMA. Jakarta:Depag Badan Litbang dan Puslitbang.
[19] Misbachul, Munir. M. 2005. Ilmu dan Seni Qiro’atil Qur’an. Semarang: Binawan.
[20] Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum PAI. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[21] ________. 2001. Perspektif Tentang Pola Hubungan Guru-Murid. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[22] Nashiruddin, M. Albani. 2008. Ringkasan Shahih Bukhari III. Jakarta: Gema Insani Press.
[23] Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[24] Riyadh, Sa’ad. 2009. Ingin Anak Anda Cinta Al-Qur’an. Solo: Aqwam.
[25] Surasman, Otong. 2002. Metode Insani Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar. Jakarta: Gema Insani.
[26] Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogyakarta:Ar-Ruzz Media.
[27] Sukardjo, M. dkk. 2009. Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[28] Suharto, Toto. 2006. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
[29] Thoha Chabib, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Pustaka Pelajar.
[30] Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran PAI. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[31] Tafsir, Ahmad. 2007. Metodologi Pengajaran Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[32] Wahyudi, Moh. 2007. Ilmu Tajwid Plus. Surabaya: Halim Jaya.

Diterbitkan

2014-09-02

Cara Mengutip

Nurhayati, N. (2014). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas Ix di Smpn 2 Donri-Donri Kabupten Soppeng. Sulesana, 9(2), 116–125. https://doi.org/10.24252/.v9i2.1317

Terbitan

Bagian

Artikel