STRATEGI PEMASARAN FUNDING OFFICER (MARKETING FUNDING) DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. KCP PAREPARE
Abstract
ABSTRAK
Adapun tujuan dari penelitian strategi pemasaran Funding Officer (Marketing Funding) pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. KCP Parepare dalam meningkatkan minat nasabah dan dampak strategi pemasaran dalam meningkatkan minat nasabah funding di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. KCP Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah strategi pemasaran marketing funding (funding officer) yang digunakan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. KCP Parepare dalam meningkatkan minat nasabah menggunakan strategi Bauran Pemasaran 7P yaitu: People (Orang), Phisical Evidence (Bukti fisik), dan Process (Proses). Dampak dari Strategi Pemasaran Funding Officer (marketing funding) dalam meningkatkan minat nasabah Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. KCP Parepare yaitu masyarakat mulai mengetahui bahwa BTN itu sendiri tidak hanya bank yang menyediakan produk pembiayaan perumahan tapi juga menyediakan berbagai jenis produk funding, Pertumbuhan asset meningkat, Pegawai (marketing funding) yang memiliki kinerja baik dan sesuai target akan diberikan reward atau bonus oleh pihak bank.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Funding Officer (Marketing Funding), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. KCP Parepare.
References
Abdullah, Thamri. Francis Tnatri. Manajemen Pemasaran. Cet. III. Rajawali Pers, 2014.
Arifin, Zainul .Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Cet.7. Tangerang: Azkia Publisher, 2009.
Budyatna, Muhammad. Komunikasi Bisnis Silang Budaya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Ismail. Manajemen Perbankan: Dari Teori menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2010.
Kasmir. Manjemen Perbankan, Cet. 11. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Kasmir. Manajemen Perbankan. Rev. 12. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Muhammad. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2011.
Rachmat, Wawancara, 26 Maret 2019.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 1997.
Umam, Khotibul dan Setiawan Budi Utomo. Perbankan Syariah (Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia). Cet. 2. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,2007.
Widastuti, wawancara, 23 April 2019.