Perbandingan Strategi Pemasaran pada Warung Kopi Franchise di Kota Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan strategi pemasaran yang diterapkan oleh tiga warung kopi dikota Makassar yaitu warung kopi Az Zahra, warung kopi Daeng Sija Mapala Satu Sembilan dan warung kopi Dottoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus Komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan Triangulasi serta bantuan perangkat lunak NVivo 15 Plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan oleh Warung Kopi Az Zahra, Warung Kopi Dg Sija Mapala Satu Sembilan, dan Warung Kopi Dottoro yang meliputi STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) dan bauran pemasaran (4P) yaitu Produk, Harga, Tempat dan Promosi telah diterapkan secara efektif. Dari aspek STP, ketiga warung memiliki segmentasi dan targeting pasar yang berbeda, namun mampu menentukan posisi yang kuat sesuai karakteristik konsumennya. Dari sisi 4P, ketiganya menawarkan produk kopi unggulan, harga terjangkau, lokasi strategis, serta promosi yang disesuaikan baik melalui media sosial maupun dari mulut ke mulut. Perbedaan strategi tersebut memberikan dampak yang beragam terhadap daya tarik dan posisi pasar masing- masing warung kopi dan strategi tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan pendapatan.
Kata kunci: Strategi pemasaran; STP; bauran pemasaran