Pengaruh Investment Opportunity Set, Corporate Social Responsibility dan Risiko Bisnis terhadap Nilai Perusahaan pada Perbankan di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investment opportunity set, corporate social responsibility dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan perbankan di bursa efek Indonesia pada tahun 2019-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling maka diperoleh 9 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, yaitu penggunaan data yang berasal dari dokumen-dokumen yang sudah ada. Data dalam penelitian ini berasal dari perusahaan yang terdaftar di BEI dengan analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) melalui aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IOS tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, CSR berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan risiko bisnis berpengaruh positif signifikan terhadap nilai Perusahaan. Keterbatasan penelitian ini hanya meneliti 5 tahun yaitu 2019-2023, serta sampel yang digunakan hanya perusahaan perbankan konvensional
Kata kunci: Investment opportunity set; corporate social respomsibility; risiko bisnis; nlai perusahaan