Strategi Inovasi Pemasaran Produk Gadai Emas dalam Menarik Minat Nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Takalar
STRATEGI INOVASI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS DALAM MENARIK MINAT NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP TAKALAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi pemasaran produk gadai emas di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Takalar dalam menarik minat nasabah maupun calon nasabah. Pokok masalah itu kemudian di breakdown kedalam beberapa rumusan permasalahan yaitu 1)Bagaimana strategi inovasi pemasaran yang diiterapkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Takalar pada produk gadai emas dalam meningkatkan minat nasabah?, 2)Apa saja faktor-faktor yang bisa mempengaruhi bertambahnya minat nasabah pada produk gadai emas di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Takalar? Penenlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berlokasi di Bajeng, Kec. Pattallasang, Kabupaten Takalar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi inovatif seperti pemanfaatan media sosial, edukasi literasi keuangan, dan pelayanan berbasis teknologi telah diterapkan. Faktor pendorong minat nasabah antara lain kemudahan prosedur, kebutuhan dana cepat, dan kepercayaan pada prinsip syariah. Strategi ini terbukti meningkatkan jumlah nasabah, meskipun pemanfaatan teknologi digital masih perlu ditingkatkan.
Kata kunci: Strategi inovasi pemasaran; minat nasabah