STRATEGI PEMASARAN TOUR AND TRAVEL HAJI DAN UMRAH PADA PT. SAUDI PATRIA WISATA DALAM MENARIK MINAT CALON JAMAAH UMRAH

Authors

  • NURUL AMALIA RAHMADANI FARLI Manajemen Haji dan Umrah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • FIRDAUS MUHAMMAD Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • NURLAELAH ABBAS Manajemen Haji dan Umrah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Abstrak

Jurnal yang dibuat bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana strategi pemasaran tour and travel haji dan umrah pada PT. Saudi Patria Wisata dalam menarik minat calon jamaah umrah? Dengan dua sub masalah, yaitu: 1) Bagaimana langkah-langkah pemasaran tour and travel haji dan umrah pada PT. Saudi Patria Wisata dalam menarik minat calon jamaah umrah?, 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi pemasaran tour and travel haji dan umrah pada PT. Saudi Patria Wisata dalam menarik minat calon jamaah umrah?

Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang mengambil lokasi di Jl. RSI Faisal Raya Ruko Ambasador No.1, Banta-bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah direktur, Staf dan calon jamaah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, pedoman observasi dan pedoman wawancara, dengan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya Upaya strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Saudi Patria Wisata, yaitu mengutamakan pelayanan yang baik terhadap calon jamaah, dan dalam melakukan strategi pemasaran menggunakan marketing mix , 1) melalui produk (product), menawarkan berbagai produk layanan umrah, 2) Harga (price) menetapkan harga sesuai dengan paket yang ditawarkan ke calon jamaah dengan harga standar sesuai dengan kebutuhan dan juga tidak terlalu jauh beda dengan pesaing-pesaing. 3) Tempat (Location) Yaitu dimana distribusi memilih lolasi yang strategis, dan mempunyai agen yang sudah tersebar di Nusantara. 4) Promosi (promotion) yang dilakukan yaitu dengan pemasaran langsung dan melalui iklan. Faktor penghambat  dan kendala yang dihadapi PT. Saudi Patria Wisata dalam menarik minat calon jamaah umrah yaitu persaingan yang ketat dan calon jamaah yang tidak terlalu paham dengan teknologi.

Implikasi penelitian ini yaitu Kepada pihak travel PT. Saudi Patria Wisata disarankan agar menggunakan hasil penelitian ini dalam melakukan inovasi strategi pemasaran seperti strategi produk dan strategi promosi yang lebih baik dan dapat diterima semua pihak sehingga dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh masyarakat atau calon jamaah umrah mengenai strategi pemasaran PT. Saudi Patria Wisata.   

Kata Kunci: Strategi Pemasaran,Menarik Minat Calon Jamaah Umrah

Published

2025-03-31

Issue

Section

Artikel