Gambaran Pengetahuan Pengemudi Mobil Tangki Terhadap Kesehatan Dan Keselamatan Pengangkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) di PT. Pertamina (persero) TBBM Makassar

Hasbi Ibrahim

Abstract


Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan salah satu dari bahan berbahaya yang sifatnya mudah terbakar dan dapat menimbulkan ledakan, dimana dalam proses pengangkutannya memegang peranan penting dikarenakan terdapat dampak negatif yang bisa timbul sehingga merugikan manusia, kendaraan dan lingkungan sekitarnya. Untuk kelancaran proses pengangkutan ini maka penting untuk menciptakan kondisi kerja dan transportasi yang aman, nyaman dan tertib sesuai dengan aspek kesehatan dan keselamatan. Karena itu, pengetahuan pengemudi terhadap kesehatan dan keselamatan pengangkutan bahan bakar minyak diharapkan memberi pengaruh yang baik bagi kinerja pengemudi tersebut sehingga proses pengangkutan berjalan dengan lancar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan pengemudi mobil tangki terhadap kesehatan dan keselamatan pengangkutan bahan bakar minyak (BBM) di PT. Pertamina TBBM Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sebanyak 102 responden diambil dengan menggunakan teknik quota sampling, metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling, kemudian dianalisis secara elektronik dengan menggunakan suatu program analisis pada komputer kemudian disajikan dalam bentuk tabel disertai penjelasan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan pengemudi terhadap kesehatan pengangkutan BBM baik (57,8%), pengetahuan pengemudi terhadap persyaratan kendaraan baik (93,1%), pengetahuan pengemudi terhadap persyaratan pengemudi baik (100%) dan pengetahuan pengemudi terhadap prosedur kerja dan tanggap darurat cukup (51%).

Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada pihak manajemen perusahaan untuk meningkatkan program upaya kesehatan terhadap seluruh pengemudi, melaksanakan ketentuan persyaratan kendaraan bagi tiap kendaraan yang beroperasi serta peningkatan program pelatihan dan pendidikan bagi pengemudi.

 




DOI: https://doi.org/10.24252/as.v6i2.1955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

INDEXED BY

 

Al-Sihah: The Public Health Science Journal
p-ISSN: 2086-2040, e-ISSN: 2548-5334
Universitas Islam Negeri Alauddin, 2nd Campus, FKIK 1st Floor, Department of Public Health Room
Jl. H.M Yasin Limpo No.36, Romang-Polong, Gowa, Indonesia 92113
Phone: (0411) 841879, Fax (0411) 8221400

View Stats
site stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.