Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Organisasi Perawat di Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Kota Makassar Tahun 201

Muhammad Fais Satrianegara, Syahratul Aeni, Nurul Istiqamah Rizal

Abstract


              Perilaku-perilaku yang berkaitan dengan sumber daya manusia akan menjadi bahasan penting bagi organisasi dalam menjalankan kegiatannya. Selain itu kinerja dari sebuah perusahaan sangat tergantung pada sumber daya manusia yang ada. Rendahnya kualitas sumber daya manusia tentunya akan menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Sebab karyawan yang baik cenderung akan menunjukkan perilaku organisasi dimana perilaku organisasi merupakan kontribusi positif individu terhadap perusahaan yang melebihi tuntutan peran di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap perilaku organisasi perawat di rawat inap Rumah Sakit Islam Faisal di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan populasi yaitu semua tenaga perawat yang bertugas di ruang perawatan I, perawatan II, perawatan III, perawatan IV dan perawatan V sebanyak 74 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 74 responden tenaga perawat yang diteliti terdapat terdapat 37 tenaga perawat yang mempunyai kriteria penilaian kesadaran diri dengan perilaku organisasi yang baik, dan hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,000. Terdapat 32 tenaga perawat yang mempunyai kriteria penilaian pengendalian diri dengan perilaku organisasi yang baik, dan hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,002. Terdapat 35 tenaga perawat yang mempunyai kriteria penilaian motivasi dengan perilaku organisasi yang baik, dan hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,001. Terdapat 37 tenaga perawat yang mempunyai kriteria penilaian empati dengan perilaku organisasi yang baik, dan hasil uji statistik diperoleh nilai p=0,000. Terdapat 35 tenaga perawat yang mempunyai kriteria penilaian hubungan sosial dengan perilaku organisasi yang baik, dan hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,000. Hasil uji statistik (p<0,05).

 


References


Anindya, Reksa. 2011. Pengaruh Komitmen Keorganisasian dan Kecerdasan Emosional Karyawan Terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Departemen Unit Kompas Gramedia. Program Magister Ilmu Administrasi Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Depok : Universitas Indonesia.

Ardiana, Anisah. 2010. Hubungan Kecerdasan Emosional Perawat Dengan Perilaku Caring Perawat Pelaksana Menurut Persepsi Pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso. Program Magister Fakultas Ilmi Keperawatan. Depok : Universitas Indonesia.

Bakhri, 2011. Pengaruh Dukungan Sosial dan Religiusitas Terhadap Motivasi Berprestasi Karyawan Kogas Strategik Alliance. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Endah Nurhidayah, Rika. 2006. Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Perawat. Medan : Keperawatan Universitas Sumatera Utara, Volume 2 Nomor 1, Mei 2006.

Fakhrurrozi, M. 2007. Kecerdasan Emosi Pada Remaja Pelaku Tawuran. (Jurnal). Depok : Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Haryati T.D. (2013). Kematangan Emosi, Religiusitas dan Perilaku Prososial Perawat di Rumah Sakit, Persona Jurnal Psikologi Indonesia. 2(2), 162-172.

Ibrahim 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Organizational Citizenship Behavior dan Dampaknya Pada Kinerja Perawat Rumah Sakit Umum Anutapura & Rumah Sakit Undata Palu. (Tesis). Palu : Manajemen Universitas Tadulako. Volume 1, Nomor 1, Januari 2013.

Ingarianti, Tri Muji 2005. Hubungan Iklim Organisasi dan Penyesuaian Diri Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). (Skripsi) Malang : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Kuswandi Jaya, Maryana dkk 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karawang. Jurnal Manajemen Vol. 10 No. 1 Oktober 2012

Mulyani, Sry. 2008. Analisis Pengaruh Faktor-faktor Kecerdasan Emosi Terhadap Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Pasien di unit Rawat Inap RSJD Dr. Amino Gondohutomo. (Tesis). Semarang : Magister Administrasi Rumah Sakit. Universitas Diponegoro

Sahrah, Alimatus 2008. Organizational Citizenship Behavior Ditinjau dari Kepuasan Kerja Dan Jenis Kelamin Para Perawat Rumah Sakit. (Skripsi). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana.

Satrianegara, M. Faiz. 2012. Organisasi dan Fungsi Manajemen Layanan Kesehatan. Alauddin University Press. Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin




DOI: https://doi.org/10.24252/as.v9i1.3147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

INDEXED BY

 

Al-Sihah: The Public Health Science Journal
p-ISSN: 2086-2040, e-ISSN: 2548-5334
Universitas Islam Negeri Alauddin, 2nd Campus, FKIK 1st Floor, Department of Public Health Room
Jl. H.M Yasin Limpo No.36, Romang-Polong, Gowa, Indonesia 92113
Phone: (0411) 841879, Fax (0411) 8221400

View Stats
site stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.