Perilaku Seksualitas dan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil di Puskesmas Somba Opu Sungguminasa

Dewi Nurriana, Muhammad Khidri Alwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan mengenai perubahan frekuensi sanggama dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil, menganalisis hubungan mengenai   posisi sanggama dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil, dan menganalisis hubungan mengenai perubahan frekuensi orgasmus dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil. Peneltian ini dilakukan di Puskesmas Somba Opu Sungguminasa Tahun 2017. Variabel bebas pada penelitian ini adalah tingkat kecemasan pada ibu hamil, sedangkan variabel terikatnya adalah frekuensi senggama, posisi senggama dan frekuensi orgasmus. Data diperoleh dengan memberikan angket kepada responden ibu hamil kemudian dianalisis secara univariat,  bivariat dan multivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara frekuensi senggama terhadap tingkat kecemasan pada ibu hamil saat melakukan hubungan seksual dengan nilai p-value = 0,037 (p<0,05), Terdapat pengaruh yang signifikan antara posisi senggama terhadap tingkat kecemasan pada ibu hamil saat melakukan hubungan seksual dengan nilai p-value = 0,044 (p<0,05), dan Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara frekuensi orgasmus terhadap tingkat kecemasan pada ibu hamil saat melakukan hubungan seksual dengan nilai p-value = 0,607 (p>0,05)


References


Ambarwati, W. N., & Sintowati, R. (2006). Pendidikan kesehatan mengatasi keluhan hamil pada ibu-ibu hamil di asrama group II Kopassus Kartasura.

Aprisanditya, A. (2011). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Kecemasan Pada Ibu Hamil (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Budiarti, A., Afiyanti, Y., & Asih, I. D. (2012). Pengalaman Seksualitas Perempuan Selama Masa Kehamilan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(3), 179-184.

Chunaeni, S., Widjanarko, B., & Shaluhiyah, Z. (2016). Kurangnya Dukungan Suami Dan Dukungan Tenaga Kesehatan Pada Ibu Hamil Trimester Hi Terhadap Aktivitas Hubungan Seksual Di Kota Mage la ng. Jurnal Kesehatan Akes Karya Husada.

Darwin, M. (2016). Kesehatan reproduksi: ruang lingkup dan kompleksitas masalah. Jurnal Populasi, 7(2).

Dewi, E. L. M (2013). Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Hubungan Seksual Dalam Masa Kehamilan.

Farhani Fitriani (2014). "Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Hubungan Seksual Saat Kehamilan di Wilayah Sukabumi Utara". Skripsi diterbitkan Prodi llrnu Keperawatan FK dan IK UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta

Ganong. WF. 2008. "Buku Ajar Fisiologi Kedokteran". Edisi 22. Jakarta: EGC

Ipul, 2013. " Seks Saat Hamil". (Online) http://nakita.grid.id diakses tanggal 24 Peb 2017

Jack, 2009. "(Sex During Pregnancy) Hubungan Seksual Selam Kehamilan". (Online) https://wordpress.com diakses tanggal 15 April • 2017

Kasdu, D. (2005). Solusi problem wanita dewasa. Niaga Swadaya.

Larasati, I. P., & Wibowo, A. (2012). Pengaruh Keikutsertaan Senam Hamil Terhadap Kecemasan Primigravida Trimester Ketiga Dalam Menghadapi Persalinan. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 7(1), 26-32.

Melladia Farisyah, (2015). "Pengertian Ibu Hamil". (Online) http://kabardunia.com diakses tanggal 20 April 2017

Mubasyiroh. L. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kecemasan Ibu Hamil Primigravida Tentang Hubungan Seksual Selama Kehamilan Di Puskesmas Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Jurnal Komunikasi Kesehatan (Edisi 7), 4(2).

Nindyasari, N. D. (2010). Perbedaan Tingkat Kecemasan pada Penderita Diabetes MellJtus (DM) Tipe I dengan Diabetes Mellitus (DM) Tipe II (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Rasjidi Imam, 2014. "Panduan Kehamilan Muslimah". Penerbit PT Mizan Publika; Jakarta

Salcha, M.Akbar, (2015). Analisis Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD Labuang Baji dan RS Ibnu Sina Kota Makassar. Universitas Hasanuddin

Sugeng, 2015. "Seksualitas Dalam Masa Kehamilan" (Online) http://warungbidan.blogspot.co.id diakses tanggal 1 Maret 2017

Struart G,W (2008). "Pocket Guide to Psychiatric Nursing", (edition 10). Missiouri Mosby.inc

Suprianto, (2011). "Hubungan Seksual Selama kehamilan". (Online) http://blogspot.co.id diakses tanggal 24 Peb 2017.

Suririnah, dr (2008). "Buku Pintar Kehamilan dan Persalinan". Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama; Jakarta

Team, R. (2012). Hubungan Karakteristik Ibu Hamil Trimester III dengan Kecemasan dalam Menghadapi Persalinan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit X Jakarta. Majalah Keperawatan Unpad., 12(1).

Taluta, Y., Mulyadi, N., & Hamel, R. (2014). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Mekanisme Koping Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe li Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Keperawatan, 2(1).

UMI, PPS (2014). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar

Widiasmoko Samuel, (2000). "Perilaku Kegiatan Seksual Pada Wanita Hamil". Tesis Diterbitkan, Prodi Dokter Spesialis I Obsterth dan Ginekologi. Fakultas Kedokteran UNDIP; Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY

    

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.