Gambaran Penatalaksanaan Program KB Melalui Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kecamatan Ujung pandang Kota Makassar

Muhammad Rusmin, Muhammad Fais Satrianegara, Hasbi Ibrahim, Abdul Majid HR. Lagu, Nur Rahma

Abstract


MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) terdiri atas alkon Implant, IUD, MOP dan MOW merupakan bagian dari program KB untuk mengatisipasi tingginya jumlah kepadatan penduduk di Indonesia. Selama tiga tahun terakhir program MKJP Kota Makassar terus meningkat mulai tahun 2014 sebanyak 5.459 akseptor dan meningkat ditahun 2015 sebanyak 6.693 akseptor kemudian meningkat lagi ditahun 2016 sebanyak 7.010 akseptor serta peningkatan terbanyak di Kota Makassar berada di Kecamatan Ujung Pandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penatalaksanaan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi program KB MKJP di Balai KB Kecamatan Ujung Pandang Tahun 2017. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara mendalam.Penentuan informan menggunakan teknik purposivesamplingsebanyak 11 responden.Hasil Penelitian: (1) perencanaan operasional rutin dilaksanaan dalam kegiatan staf meeting untuk menyusun beberapa kegiatan yang efektif dan efisien untuk mencapai target yang diberikan oleh DPPKB Kota Makassar namun perencanaan jangka panjang belum ada di Balai KB Kecamatan Ujung Panjang. (2) kepala UPT dan PLKB telah menjalankan tugas sesuai SOP yang ada dengan mengkoordinir seluruh penyuluh KB untuk mensosialisasikan dan mengajak PUSagar beralih dan menggunakan salah satu alkon jangka panjang. (3) pelaksanaan program KB melalui MKJP dimulai dengan sosialisasi oleh PLKB untuk menggunakan alkon jangka panjang, PUS akan mendapat konseling awal dan pilihan untuk menuju ke tempat pelayanan KB atau menunggu pelayanan KB mobile. (4) seluruh kegiatan dimonitoring langsung oleh DPPKB Kota Makassar melalui kehadiran, buku visum dan beberapa laporan yang dibuat serta hasil pencapaian setiap bulan yang rutin dikirim ke DPPKB Kota Makassar. (5) evaluasirutin dilaksanakan saat melaksanakan kegiatan staf meetingdemi tercapainya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.


References


BKKBN. 2014.“Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Keluarga Berencana Dalam Jaminan Kesehatan Nasional”. Jakarta: DITJALPEM BKKBN.

Dinkes Provinsi Sulsel. 2015. Profil Data Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan 2014.Makassar: Cet. Agustus 2015.

Kementerian Agama RI. 2012. “Alqur’an & Terjemahannya”. Bandung: PT Sinergi pustaka Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2016. “Data dan Informasi Tahun 2015”. Profil Kesehatan Indonesia

Lakip BKKBN. 2016. Data Jumlah Penduduk dan Laju Pertumbuhan Penduduk Indonesia.

Notoatmodjo,Soekidjo. 2010. “Metodologi Penelitian Kesehatan”. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Quraish Shihab M. 2004. “Tafsir Al-Mishbah (Pesan, kesan dan Keserasian Al-Qur’an) Vol. VIII”. Jakarta: Lentera Hati.

Rencana Strategis Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Makassar Tahun 2014-2019: DPPKB

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.2013. “Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah”. Alauddin Press. Makassar




DOI: https://doi.org/10.24252/as.v11i1.9424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY

    

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.