IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI GERAK LURUS

Cupma Riya Cipta Sari, Tantri Mayasari, Mislan Sasono

Abstract


Kemampuan penalaran merupakan kemampuan penting dan sangat diperlukan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam fisika. Untuk memfasilitasi siswa diperlukan suatu metode pembelajaran yang mendukung hal itu. Adanya penelitian ini guna mengetahui seberapa besar pengaruh Problem Based Learning  terhadap kemampuan penalaran siswa kelas X pada materi gerak lurus.  Metode pre-eksperimen  dengan one group pretest posttest design dan dilakukan kepada siswa kelas X IPA 2 SMAN 2 MEJAYAN yang berjumlah 33 siswa. Sampel ini diambil dari teknik pengambilan sampling convenience sampling. Keseluruhan mendapatkan perlakuan setelah pengerjaan soal pretest dan mengerjakan soal postest setelah diberi perlakuan. Perlakuan yang didapat siswa adalah kegiatan pembelajaran menggunakan problem based learning. Keekektifan metode pembelajaran dapat diketahui dengan melihat hasil analisis N-Gain , serta effectsize  pada nilai pretest maupun postest . Instrumen berupa tes, angket respon siswa dan lembar observasi problem based learning.

 


Keywords


Effectsize, Gerak Lurus, Penalaran, Problem Based Learning,

References


Amir, M. (2012). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Grup.

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach.Jogjakarta:Pustaka Pelajar

Ardiani, N. F. (2013). Taksonomi Bloom Vs Taksonomi Marzano Dalam Pembelajaran. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Arikunto, s. (2010). dasar dasar evaluasi pendidikan. jakarta: bumi aksara.

Ertikanto, D. C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283–287. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979

Milana, L., & Jannati, E. D. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Visualisasi Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Matakuliah Fisika Dasar I. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 19. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10933

Mustami, K. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64. https://doi.org/10.24252/JPF.V6I2A2




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v8i2.14631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325