PERBANDINGAN PERILAKU SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE SISWA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA NEGERI 1 SOROMANDI KAB. BIMA

Rika Rahim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi Kab. Bima, sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan perilkaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan think pair share siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi Kab. Bima. Penentuan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket berupa skala likert dan lembar observasi sebagai pendukung penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji t. Hasil penelitian analisis deskriptif diperoleh gambaran perilaku sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation masuk kategori tinggi dengan rata-rata 84,5, dan gambaran perilaku sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share juga masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 82,8. Sedangkan hasil inferensial yaitu thitunh ˃ ttabel sehingga Terdapat perbedaan perilaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan model pembelajaran think pair and share siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi


Keywords


perilaku sosial, group investigation, think pair share

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cet III. Bandung: Alfabeta.

Hasbullah. 1996. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-tipe-think-pair dan model-pembelajaran-group-investigation.html

Nurochim, 2013. perencanaan pembelajaran ilmu-ilmu social. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Grafindo Persada

Trianto, 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta : Kencana

Yaumi Muhammad, 2013. Prinsip-prinsip desain pembelajaran. Jakarta : kencana

Undang-undang Sisdiknas. 2011. Sistem pendidikan nasional; Jakatra: Sinar Grafik




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325