HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI DENGAN KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Hasnidar Hasnidar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemandirian, Motivasi dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar serta Hubungan kemandirian, motivasi dan kesiapan belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 88 mahasiswa yaitu seluruh mahasiswa pendidikan fisika yang diambil secara acak dari setiap tingkatan yang aktif dalam kegiatan perkuliahan. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu Proportionate Stratifield Random Sampling. Instrumen pengumpulan data untuk menggambarkan kemandirian, motivasi dan kesiapan belajar yaitu dengan menggunakan angket. Teknikanalisis data menggunakananalisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu analisis korelasi ganda dengan uji-f.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kemandirian diperoleh rata-rata 70,14 dengan kategori bahwa kemandirian mahasiswa bertaraf tinggi, diperoleh nilai terendah 73 dan nilai tertinggi 82 dan motivasi diperoleh nilai rata-rata 114,114 dengan kategori bahwa motivasi mahasiswa termasuk kategori tinggi, diperoleh nilai terendah 96 dan nilai tertinggi 131 serta kesiapan belajar diperoleh rata-rata 74,81 dengan kategori bahwa kesiapan belajar  mahasiswa bertaraf tinggi, diperoleh nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 91 dan terdapat hubungan yang signifikan antar mandirian dan motivasi terhadap tingkat kesiapan belajar mahasiswa jurusan pendidikan fisika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar yaitu Fhitung Ftabel(0,99  0,235).Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi jurusan untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan kinerja dosen dalam upaya memperkuat nilai-nilai sosial dalam proses pembelajaran dikelas.


Keywords


Kemandirian, Motivasi, dan Kesiapan Belajar

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Asdi Mahasatya, 2013.

Arikunto, Suharsimi. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Alwi, Marjani. Mengapa Anak Malas Belajar

(SolusiBelajar Efektif dan Menyenangkan). Makassar: Alauddin University press, 2012.

Asril, Zainal. Microteaching disertai dengan pedoman pengalaman lapangan. Jakarta; PT Rajagrafindo Persada, 2010.

Bimo Walgito. Bimbingan dan Konseling di sekolah. Yogyakarta: Andi, 2004.

Dalyono M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2002.

Djaja Wahjudi. Desai Pembelajaran (Konsep, Model, dan Aplikasinnya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran). Yogykarta: Ombak, 2012.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Haryono. Belajar Mandiri Konsep Penerapannya Dalam Sistem Pendidikan dan Pelatihan Terbuaka/jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Moedjiono,J.J Hasibuan. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Syah Muhibbin. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya, 1995

Nasution S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Menagajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Nasution S. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 1995

Nurkancana, Wawan. Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Rahman, Istianah A. Psikologi Perkembangan. Cetakan I. Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Riduwan. Belajar mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Penelitian pemula, dengan kata pengantar oleh Prof. Dr. H. Buchari Alma. Bandung: Alfabeta, 2001.

Sadiman, Arif S. Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2005.

Sahabuddin. Mengajar dan Belajar. Makassar: UNM, 2007.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Edisi 1-cet 20;Jakarta:Rajawali Pers, 2011.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Cetakan keempat. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2003.

Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia, 2009.

Sutikno,M Sobry. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holostica, 2013.

Syaodih S Nana, Ibrahim R. Perencanaa Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Syaodih Sukmadinata Nana. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi Revisi. Cetakan XII; Bandung: Alfabeta, 2011.

Tiro, Muhammad Arif. Dasar-Dasar Statistika, Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2000.

Uno, Hamzah B. Perencanaa Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara, 2000.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325