GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Fatmawati Fatmawati, Muhammad Yusuf Hidayat, Eka Damayanti, Muhammad Rusydi Rasyid

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan gaya belajar antara peserta didik laki-laki dengan perempuan di MTs Madani Pao-Pao. Penelitian kuantitatif jenis komparatif ini menggunakan sampel populasi sebanyak 255 peserta didik. Data yang terkumpul menggunakan instrumen skala gaya belajar dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik inferensial uji Anova menunjukkan nilai sign sebesar 0,033 (p < 0,05), dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan gaya belajar pada peserta didik laki-laki dengan perempuan di MTs Madani Pao-pao. Hasil deskriptif menunjukkan peserta didik laki-laki lebih dominan memiliki gaya belajar visual sedangkan peserta didik perempuan dominan memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini menjadi informasi penting bagi guru agar mendesain pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan gaya belajar peserta didik.

 

Abstract

This study aims to determine differences in learning styles between male and female students of MTs Madani Pao-Pao. This comparative study had a sample population of 255 students. The data collected using a scale of learning style scale which was analyzed by descriptive and inferential statistics. The inferential statistical analysis of the Anova test showed a value of 0.033 (p <0.05). it can be summed up that there were differences in learning styles between male and female learners in MTs Madani Pao-Pao. In addition, male students had a more dominant visual learning style while female students had a dominant kinesthetic learning style. The results of this study become important information for teachers to design learning by paying attention to the learning styles of students.


Keywords


gaya belajar, perbedaan jenis kelamin

Full Text:

PDF

References


Agustin, D. F. (2014). Perbedaan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan Pada Mata PeLajaran Seni Tari di SMPN 1 Yogyakarta (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/20119/

Al-Hafist, M. (2013). Pengertian Gaya Belajar. Retrieved January 26, 2017, from Referensi Makalah website: https://www.referensimakalah.com/2013/02/pengertian-gaya-belajar.html

Arylien, L. B., Geradus & Bire. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2). https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307

Chau, M. (2006). Connecting Learning Styles and Multiple Intellingences Theories Through Learning Strategies, An Online Tutorial for Intruction. Kent, Ohio: LIBRES, 16(1). Retrieved from https://ir.library.oregonstate.edu/concern/articles/7p88ch40h

Damayanti, N. (2013). Perbedaan Jenis kelamin Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universita Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Negara (JPTN) Universitas Negeri Surabaya, 1(3). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/3697

Ghufron, A. N. dan Risnawati, R. (2012). Gaya Belajar: Kajian Teoritik (Cetakan Pe). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hulillulloh, A. S. dan Yanzi, H. (2012). Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar PKN Kelas IX di SMP PGRI 1 Way Jepara. Retrieved January 26, 2017, from http://fkip.unila.ac.id/ojs/data/journals/13/2012.pdf

Mohamad, Z. A. J. (2011). Learning Styles And Overall Academic Achlement in A Specific Educational. International Journal of Humanities and Social Science, 1(10). Retrieved from https://www.researchgate.net/publi285161398_Learning_styles_and_overall_academic_achievement_in_a_specific_educationalcation/

Mursutami. (2013). Hubungan antara Gaya Belajar Kinestetik dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Akuntansi SMK Diponegoro Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Papilaya dan Huliselan, J. O. dan N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 15(1). https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development : Perkembangan Masa Hidup. Jurnal Ilmu Pendidikan Malang, 2(1).

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK(Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1). https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.395

Slavin. (2006). Gaya Belajar. Retrieved June 1, 2017, from http: // johnherf. Wordpress.com

Soemanto. (2006). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offside.

Susanto, Sa’dijah, dan Gipayana, H. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9942

Susilo. (2009). Gaya Belajar Visual. Retrieved June 1, 2017, from Kompasiana website: http; // www.kompasiana.com

Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran (Cetakan Ke). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wijayanti, O. I. (2013). ’Perbedaan Antara Gaya Belajar Siswa Laki-laki Dan Perempuan Dalam Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al asma : Journal of Islamic Education is indexed by:

  


Al asma : Journal of Islamic Education

Published by:

Komite Penjaminan Mutu (Quality Assurance Committee), Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University of Makassar

Office Address:

JL. H. M. Yasin Limpo, No. 36, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Building, Quality Assurance Committee Office at 3th floor, Samata - Gowa, Sulawesi Selatan 92113

Email: al-asma@uin-alauddin.ac.id

Print ISSN: 2715-2820 | Online ISSN: 2715-2812 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

 View Al asma Stats