Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Alauddin Law Development Journal?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Jumlah kata dalam artikel ini antara 3.000 – 10.000 kata (termasuk daftar pustaka).
  2. Melampirkan pernyataan bahwa artikel tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya, di mana pun dan dalam bentuk apapun.
  3. Setiap artikel akan melalui pemeriksaan plagiarisme menggunakan aplikasi Turnitin. Jika artikel memiliki lebih dari 40% kesamaan, artikel ini akan dikembalikan kepada penulis.
  4. Artikel ini disajikan dengan komponen-komponen sebagai berikut:
    Judul: Judul Artikel Maksimum 15 kata, diketik dengan Times New Roman 14pt, Bold, 1,15 space, Capitalize Each Word, dan tepi tengah.
    Nama Penulis: Nama penulis diketik dengan Times New Roman 12pt, 1,15 space, Capitalize Each Word, tepi tengah, tanpa gelar, dan tidak boleh disingkat. Di bawah nama ditulis nama institusi dan alamat email penulis yang diketik dengan Times New Roman 10pt, Italic, 1 space, Capitalize Each Word, tepi tengah.
    Abstrak: Abstrak diketik dengan Times New Roman 10pt, Italic, 1 space, Sentence case, tepi kanan kiri, terdiri dari 100 – 250 kata, satu paragraf, tanpa referensi, tanpa singkatan/akronim, dan tanpa catatan kaki/footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak berisi: tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan.
    Kata Kunci: Gunakan kata-kata atau frasa yang spesifik menggambarkan isi artikel, kata kunci dipisahkan dengan koma (,), maksimal 5 kata.
    PENDAHULUAN: Pendahuluan diketik dengan Times New Roman 12pt, Bold, 1.5 space, UPPERCASE dan tepi kiri. Isi naskah diketik dengan Times New Roman 12pt, 1,15 space, Sentence case, dan tepi kanan kiri. Berisi latar belakang yang diuraikan dengan state of the art, terdiri dari minimal 2 literatur/studi sebelumnya sehingga penelitian ini dapat menunjukkan kebaruan/novelty penelitian. Penelitian ini mampu mengatasi suatu permasalahan, urgensi dan menunjukkan rasionalitas melalui: deskripsi kegiatan; tinjauan pustaka; rencana pemecahan masalah dan pengembangan hipotesis; analisis GAP; solusi permasalahan; kebaruan ilmu pengetahuan; referensi sumber primer; menguraikan tujuan dan hipotesis di akhir pendahuluan. Rumusan masalah masuk pada pendahuluan dimana harus dijabarkan dalam bentuk paragraf dengan dasar penelitian yang kuat.
    METODE PENELITIAN: Metode penelitian ini menjelaskan tentang jenis penelitian hukum, teknik pengumpulan data, dan metode analisis data yang akan digunakan sebagai proses/kaidah ilmiah untuk menghasilkan data/hasil penelitian.
    HASIL DAN PEMBAHASAN: Analisis dan diskusi berisi uraian tentang hasil penelitian berdasarkan masalah yang menjadi fokus penelitian. Jika dalam analisis dan diskusi ini ada hal-hal yang perlu diklasifikasi dan diurai lebih lanjut berdasarkan masalah penelitian, penulis dapat menggunakan/menambahkan sub-bab. Analisis dan diskusi ini dapat dilengkapi dengan tabel, gambar, dan/atau grafik dimana diberikan penomoran dan judul konten. Hasil analisis data harus diuraikan dengan benar. Bagian pembahasan menyajikan hasil temuan penelitian secara logis, mengaitkan ke sumber rujukan (jurnal nasional dan internasional) yang relevan, analisis GAP, kebaruan/temuan ilmu pengetahuan diuraikan dengan jelas, perbandingan hasil temuan penelitian (referensi) dengan sumber rujukan (jurnal nasional dan internasional) yang relevan.
    KESIMPULAN: Kesimpulannya berisi hasil/temuan dan ide/saran singkat berdasarkan masalah yang menjadi fokus penelitian, atau hasil dari pendekatan konseptual. Kesimpulan dibuat dalam 1 (satu) paragraf dengan menggabungkan hasil/temuan dan ide/saran.
    UCAPAN TERIMA KASIH: Tambahkan jika diperlukan oleh penulis. Pengakuan adalah ucapan terima kasih kepada institusi asal penulis, dan/atau institusi yang memiliki kontribusi yang besar (baik secara moral, atau material) terhadap tulisan penulis.
    DAFTAR PUSTAKAWajib menyertakan setidaknya 10 referensi dengan waktu publikasi maksimal 10 tahun terakhir. Proporsi referensi setidaknya 50% berasal dari artikel jurnal (e-ISSN), serta 50% dari sumber referensi lainnya. Jangan gunakan sumber dengan sifat blog dan Wikipedia. Referensi ditulis sesuai dengan gaya kutipan American Psychological Association (APA) Edisi 6. Semua sumber rujukan dalam naskah harus dimasukkan di daftar pustaka, dan diurutkan sesuai abjad. Rujukan dalam naskah harus menggunakan catatan kaki/footnote.
  5. Naskah diketik dengan dalam Microsoft Office Word, ukuran kertas A4, dengan format kertas 2,54 cm (Kiri – Atas – Kanan – Bawah), dan portrait orientation.