Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Alauddin Scientific Journal of Nursing?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. 1.    Format

Artikel akan diterbitkan dalam Bahasa Indonesia, mengikuti EYD (Sistem Ejaan Bahasa Indonesia), dan juga dalam Bahasa Inggris. Artikel yang secara linguistik tidak memadai dapat ditolak. Penulis juga harus memastikan bahwa artikel harus memiliki format sebagai berikut: Artikel harus ditulis dalam Bahasa Indonesia kecuali judul, abstrak, dan kata kuncinya, yang menggunakan bahasa Inggris. Artikel harus berukuran minimal 8 halaman atau 3000-4500 kata di kertas berukuran A4 (21 cm x 30 cm). Naskah diketik menggunakan style book antiqua, spasi tunggal,  margin yang digunakan adalah: 3,5 cm (atas), 2,5 cm (bawah), dan 2 cm (kiri dan kanan). File artikel harus disediakan dalam format Microsoft Word. (Untuk lebih jelasnya, download manuscript template).

  1. 2.    Jenis Artikel
    1. Artikel Review (Literature Review, Systematic Review, Scoping Review, Meta analysis dll)
    2. Original Artikel
    3. Case Study
  2. 3.    Pengorganisasian Artikel

Penyusunan artikel harus mengikuti setidaknya kelima struktur berikut:

  1. Introduction (I)
  2. Methode (M)
  3. Result (R), and
  4. Discussion/Conclusion (D)
  5. 4.    Title Page (Halaman Judul)

Halaman judul harus memuat judul artikel (ringkas, tanpa singkatan, maksimal 15 kata). Selain itu, tuliskan nama lengkap tanpa kredensial akademis dan profesional dengan koma di antara nama. Angka (1) akan digunakan untuk menunjuk penulis terkait dengan kredensial akademis dan profesional, afiliasi kelembagaan, alamat pos dan e-mail korespondensi (Untuk lebih jelasnya, download manuscript template).

  1. Pelengkap Naskah
    1. Tabel

Tabel digabung dengan teks utama (sesuai posisinya). Tabel harus diberi nomor dalam angka Arab dan keterangannya harus singkat, dengan jelas menunjukkan tujuan atau isi setiap tabel. Tabel harus disajikan dalam book antiqua ukuran 10 pt dan spasi tunggal. Jangan gunakan garis horizontal atau vertikal internal (table terbuka). Identifikasi ukuran statistik variasi, seperti deviasi standar dan kesalahan standar rata-rata. Pastikan setiap tabel dikutip dalam teks. Jika Anda menggunakan data dari sumber lain yang diterbitkan atau tidak dipublikasikan, dapatkan izin dan akui sumber itu sepenuhnya.

  1. Gambar

Gambar harus digambar atau difoto secara profesional dan dikirimkan dalam format JPEG atau TIFF. Gambar harus diberi nomor secara berurutan sesuai dengan urutan kutipannya dalam teks. Jika suatu gambar telah dipublikasikan sebelumnya, sebutkan sumbernya dan berikan izin tertulis dari pemegang hak cipta untuk memperbanyak gambar tersebut. Izin diperlukan terlepas dari kepenulisan atau penerbitnya kecuali untuk dokumen dalam domain publik.

  1. Satuan Pengukuran

Untuk pengukuran, gunakan satuan SI (Sistem Internasional). Pengukuran harus disingkat (misalnya mm, kcal, dll.) Mengikuti Style Manual for Biological Sciences dan sistem metrik harus digunakan. Pengukuran panjang, tinggi, berat, dan volume harus dilaporkan dalam satuan ilmiah yang sesuai. Suhu harus diberikan dalam derajat Celcius. Tekanan darah harus diberikan dalam milimeter merkuri (mmHg). Konsentrasi obat dapat dilaporkan dalam SI atau satuan massa, tetapi alternatif harus diberikan dalam tanda kurung jika sesuai.