SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH PADA KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 79 KOTA BENGKULU

Ahmad Suradi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik kepala sekolah pada kinerja guru pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian terungkap bahwa, supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah, yaitu: supervisi akademik berkaitan dengan perencanaan pembelajaran terdiri dari pembimbingan dalam merumuskan tujuan pembelajaran, supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran, meliputi: pemberian contoh dalam membuka pembelajaran, pemberian contoh dalam menyajikan materi pembelajaran, serta supervisi akademik pada evaluasi pembelajaran, meliputi: pembimbingan dalam menyusun perangkat penilaian pembelajaran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik, yaitu: faktor pendukungnya, yakni guru yang menjadi sasaran supervisi kepala sekolah bersikap koperatif dan terbuka terhadap proses supervisi yang dilakukan oleh pengawas. Faktor penghambat pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam, yakni sempitnya alokasi waktu untuk pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah dasar.

Abstract

This study aims to determine the principal academic supervision on the performance of Islamic religious education teachers at State Elementary School of 79 Bengkulu City and the factors that influence it. This type of research is field research with qualitative approach. From the research results revealed that, academic supervision carried out by the principal, namely: academic supervision related to learning planning consists of coaching in formulating learning objectives, academic supervision on the implementation of learning, including: giving examples in opening learning, giving examples in presenting learning materials , as well as academic supervision on the evaluation of learning, including: coaching in preparing the assessment of learning tools. While the factors that influence the implementation of academic supervision, namely: the supporting factor, namely the teacher who became the target of supervision of the principal to be cooperative and open to the supervision process conducted by the supervisor. Inhibiting factor of principal supervision in improving teacher performance, is the limited time allocation for the implementation of PAI learning in elementary school.


Keywords


Supervisi; Kepala Sekolah; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ambarita, A. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_______. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi ke VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pendidikan dan Pelatihan: Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kemendikbud.

Komaruddin & Yooke. T. (2000). Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar & Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Prasojo, L. D., & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto, N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Satori, D. (2014). Paradigma Baru Supervisi Pendidikan untuk Peningkatan Mutu dalam Konteks Peranan Pengawas Sekolah dalam Otonomi Daerah. Bandung: APSI Provinsi Jawa Barat.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2012). Proses Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syafaruddin & Irawan, N. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto, (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Uno, H. B. U., (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a2.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AHMAD SURADI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

 

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats