PENGARUH BAHASA DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD INPRES MAKI KECAMATAN LAMBA-LEDA KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

Astuti Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan bahasa daerah, hasil belajar, dan seberapa besar pengaruh intensitas penggunaan bahasa daerah terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I1SD Inpres Maki kecamatan Lamba-leda Kabupaten Manggarai Timur. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes lisan dengan menggunakan kata atau kalimat.  Pengolahan data dengan meng­gunakan statistik deskriptif dan inferensial. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah keseluruh peserta didik yang berjumlah 25 orang. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan uji dua sisi dengan tingkat signifikan yang digunakan adalah α 5% atau α = 0,05. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai rata-rata intensitas penggunaan bahasa daerah peserta didik mencapai rata-rata 8 dengan presentase 56%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik mencapai rata-rata 4,4 dengan presentase 44% masuk dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh r hitung = -0,026 < r tabel= 0,396. Dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga penggunaan bahasa daerah pada hasil belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Inpres Maki menghasilkan pengaruh yang Negatif. Kesimpulannya, penggunaan bahasa daerah terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Inpres Maki menghasilkan pengaruh yang negatif. Hal ini ditandai dengan hasil belajar bahasa Indonesia yang masih tergolong sangat rendah.

Keywords


Pengembangan; model materi ajar; semantik bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

D. Yanto S.S. Kosa Kata Baru Bahasa Indonesia; Kamus Bahasa Indonesia Lengkap; EYD dan Pantun. Surabaya; Nidya Pustaka.1999.

Dadang Sunendar, Iskandar Wassid. Strategi Pembelajaran Bahasa. PT. Remaja Rosda Karya: Rineka Cipta, 2008.

Darminto,Wjs Poerwo. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1993

Hazin,Nurkholik. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya;Terbit Terang. 2000

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT Remaja Rosda Kariya: Rineka Cipta, 2008.

Manan, Solihin. Pengantar Kaidah Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar. Surabaya: Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Surabaya, 1999

Parera Jos Daniel. Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa: Bahasa-Istilah dan Ungkapan-Leksikologi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1989

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2012

Wibowo, Wahyu. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia. 2001

Widodo, Spriono, Abu Ahmad. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Astuti Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

 

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats