PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PEMBELAJARAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPI) FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Usman Usman

Abstract


Abstrak: Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran IPI pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dapat ditinjau dari berbagai aspek: (a) kurikulum, sillabus, dan sumber daya dosen telah terpenuhi sebagaimana standar mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Namun, yang perlu dibenahi adalah sumber daya dosen yang belum kesemuanya memenuhi syarat kualifikasi, kecuali 1 orang dosen yang masih berkualifikasi strata satu, dan (b) proses pembelajaran ditinjau dari aspek persiapan, pelaksanaan proses, dan penilaian juga telah berjalan dengan baik. Namun demikian, masih ditemukan berbagai kekurangankekurangan yang terjadi di dalamnya, seperti dosen kadangkala memindahkan waktu kuliah, terlambat masuk kelas, dan sebagainya.

Abstract: Student perceptions toward learning of the science of islamic education at the of Tarbiyah and Teac Training UIN Alauddin Makassar, can be viewed from various aspects: (a) curriculum, syllabus, and faculty resources that have met the quality standard of higher education. However, the lecturer resources that still need needs to be improved because because of the unmet eligible qualification, where there is one lecturere with only strata one qualification; (b) the learning process in terms of aspects of the preparation, implementation process, and assessment has also been running well. However, there was still problems such as the lecturer commitment to the learning schedule, coming late to the class , etc.


Keywords


Pembelajaran; Ilmu Pendidikan Islam

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Auladuna



AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

Sinta  

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats