PENERAPAN FUNGSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN

M. Hasyim M. Hasyim

Abstract


Abstrak: Guru hendaknya memiliki perencanaan (planing) pengajaran yang cukup matang. Perencanaan pengajaran tersebut erat kaitannya dengan berbagai unsur seperti tujuan pengajaran, bahan pengajaran, kegiatan belajar, metode mengajar, dan evaluasi. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian integral dari keseluruhan tanggung jawab guru dalam proses pembelajaran, fungsi guru merupakan salah satu kualifikasi guru yang terpenting. Bila kreativitas dan kompetensi ini tidak ada pada diri seorang guru, ia tidak akan berkompeten dalam melakukan tugasnya dan hasilnya pun tidak akan optimal. Dengan kreativitas dan komptensi yang dimiliki, selain menguasai materi dan dapat mengolah program belajar mengajar, guru juga dituntut dapat melaksanakan evaluasi dan pengadministrasiannya. 

Abstract: Teachers should have a well plan for teaching. The instructional planning is strongly related to many components such as the instructional goals, materials, activities, methods and evaluation. Those components are the integral parts of the whole teacher’s responsibility in the process of teaching. The function of a teachers is one of the most important qualifications of them. If teachers do not have creativity and competence, they will not be competence in doing their task and the result will not be optimal. With the creativity and the competence teachers have, beside mastering the material for teaching and designing a teaching-learning program, they are also expected to conduct the evaluation and the administration.


Keywords


Fungsi; Guru; Pembelajaran

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Auladuna



AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

Sinta  

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats