PREDIKSI HASIL PANEN TEBU DENGAN APLIKASI TAKSASI TEBU BERBASIS WEBSITE

KAMARUDDIN TONE, NUR AFIF, RINALDI IHWAL A

Abstract


PT Perkebunan Nusantara XIV (PTPN XIV) adalah perusahaan dengan produksi utama gula. Untuk menghasilkan produksi gula yang optimal dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan taksasi tebu. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi taksasi tebu berbasis website untuk memprediksi hasil panen tebu di pabrik gula takalar yang dapat mempermudah dan mempercepat informasi laporan taksasi tebu sehingga dapat memberikan informasi lebih awal untuk mempersiapkan proses produksi tebu. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan strategi desain and creation, sedangkan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi literature. Metode perancangan menggunakan waterfall dan teknik pengujian adalah blackbox. Hasil dari pengujian aplikasi ini menyimpulkan bahwa fungsi yang diharapkan semuanya berhasil sesuai dengan keinginan.

 

Kata Kunci : Taksasi, Prediksi, Website

Full Text:

PDF

References


Agustini. “Perancangan Ontologi Sebagai Meta Data Aplikasi Berbasis Web Semantik”. Skripsi. Palembang : Fakultas Ilmu Komputer Sistem Informasi Universitas Bina Darma, 2014.

Agusdar,.“Metode Pengembangan Sistem Waterfall” (online), https://agusdar.wordpress.com/2013/04/13/metode-pengembangan-sistem-waterfall/) diakses tanggal 10 Oktober 2018

Ardiana, Awalia. “Sistem Prediksi Penentuan Jenis Tanaman sayuran Berdasarkan Kondisi Musim Dengan Pendekatan Metode Trend Moment”. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/1477. (27 Oktober 2018).

Azmie. Pentingnya Pengujian Syistem. Az Jurnal. 2011

Basuki, A.W. Membangun web berbasis PHP dengan framework CodeIgniter Penerbit: Lokomedia, Yogyakarta. 2010

Hidayatullah, Priyanto, & Kawistara, Jauhari K. Pemrograman Web. Bandung : Informatika Bandung. 2015

Hidayat, Rahmat. Cara Praktis Membangun Website Gratis : Pengertian Website. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kompas, Gramedia 2010




DOI: https://doi.org/10.24252/instek.v4i2.11587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KAMARUDDIN TONE, NUR AFIF, RINALDI IHWAL A

Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) is indexed by

  pkp_index_k2  

Creative Commons License

Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)

ISSN Print: 2541-1179 ISSN Online: 2581-1711

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: instek@uin-alauddin.ac.id

 View Instek Stats