KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN VIDEO BLOGGING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • INDIRA SYAWANODYA Universitas Pendidikan Indonesia
  • ETTY ROHAYATI Universitas Pendidikan Indonesia
  • TIN SUHARTINI Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24252/instek.v6i1.16590

Abstract

Berdasarkan APJII, 74% pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk mengakses media sosial. YouTube digunakan untuk berbagi video seperti video musik, olahraga, maupun hobi. Dalam perkembangannya, saat ini banyak orang yang membagikan video pada YouTube yang dikenal dengan Video Blogging (vlogging). Sebelumnya, blog digunakan untuk membagikan informasi yang ditulis dalam sebuah halaman web, namun saat ini orang-orang membuat blog dalam bentuk video. Biasanya vlogging mengandung video tentang tutorial, perjalanan, ataupun menjelaskan/mengulas suatu produk. Penggunaan teknologi ini dapat diaplikasikan pada bidang pendidikan karena dapat menstimulasi kreatifitas siswa dan pengajar. Penelitian ini menerapkan vlogging pada siswa kelas 4 SD dalam pelajaran Bahasa Sunda. Dalam penerapannya dapat diketahui ketertarikan dan kemampuan siswa pada penggunaan vlogging sebagai media pembelajaran seperti mengoperasikan, dan membuat video.

 

Kata Kunci: Video Blogging, Sekolah Dasar, Bahasa Sunda

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

INDIRA SYAWANODYA, Universitas Pendidikan Indonesia

Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Pendidikan Indonesia

ETTY ROHAYATI, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Guru PAUD Universitas Pendidikan Indonesia

TIN SUHARTINI, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia

References

Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi (Sebuah Tantangan Pendidikan Abad 21 dalam Konteks Keindonesiaan). Bandung: Refika Aditama. (4C).

APJII, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2017.

Cresswell, J. W. 2009. Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Sage, Los Angeles.

Fidan, M., & Debbag, M. 2018. The Usage of Video Blog (vlog) in the “School Experience” Course: The Opinions of the Pre-service Teachers. Journal of Education and Future, issue:13, 161-177.

Nardi B, A, etc. 2004. Why We Blog, Communication of the ACM, Vol 47, No. 12

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

[1]
I. SYAWANODYA, E. ROHAYATI, and T. SUHARTINI, “KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN VIDEO BLOGGING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN”, INSTEK, vol. 6, no. 1, pp. 27–36, Oct. 2020.

Issue

Section

Volume 6 Nomor 1 April Tahun 2021