SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PROYEK DAN PERFORMANSI BIAYA PADA PT . KELANA BUANA SULAWESI SELATAN

Nurfatwa Andriani

Abstract


Metode pengendalian proyek yang dipakai oleh PT. Kelana Buana saat ini adalah metode analisis  variansi.  Metode  ini  mampu  menjawab  pertanyaan  apakah  pelaksanaan  proyek  sesuai dengan anggaran atau jadwal, namun belum mampu mengungkapkan performansi kegiatan secara terpadu antara biaya dan jadwal. Implementasi metode analisis variansi saat ini dilakukan dengan cara manual menggunakan Microsoft Excel. Dengan cara ini terdapat banyak kelemahan, selain prosedurnya sulit juga memungkinkan terjadinya kesalahan baik dalam pembuatan formulasi maupun saat proses up date. Dalam melakukan pengendalian proyek perlu dilakukan perkiraan biaya akhir proyek, saat ini perhitungan juga masih dilakukan dengan manual. Dewasa   ini banyak tersedia software  pengendalian  proyek,  namun  perusahaan  enggan  membelinya  karena  dinilai  tidak customize.

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang mempermudah pengukuran performansi proyek secara terpadu dengan metode nilai hasil (earned value). Adapun kemampuan sistem ini adalah membantu mempercepat pembuatan formulasi nilai hasil dan kurva-S, mempercepat proses pembagian distribusi keselesaian pekerjaan, mempercepat proses pencarian data untuk update progress, mempercepat poses perhitungan indikator earned value, variansi serta indeks kinerja biaya dan jadwal proyek, mempercepat pembuatan perkiraan biaya akhir proyek dengan memperhatikan kecenderungan performansi proyek


References


Hartono, Jogiyanto, Analisis dan Desain “Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2011.

Kadir, Abdul, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2012.

Soeharto, Iman, Manajemen Proyek Dari Konseptual sampai Operasional, Erlangga, Jakarta, 2010.

Supriyono, R.A,2010, Perencanaan dan Pengendalian Biaya seta Pembuatan Keputusan, BPFE, Yogyakarta

Turner, J. Rodney, The Handbook Of Project Based Management“ Improving The Processes For Achieving Strategic Objectives”, Mc Graw Hill, Glasgow, 2011.

Whitten, Jeffrey L, Lonnie D. Bentley dan Kevin C. Dittman, System Analysis and Design Methods 5th Edition, Mc Graw Hill, New York, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24252/instek.v2i1.2584

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.24252/instek.v2i1.2584.g2423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) is indexed by

  pkp_index_k2  

Creative Commons License

Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)

ISSN Print: 2541-1179 ISSN Online: 2581-1711

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: instek@uin-alauddin.ac.id

 View Instek Stats