Penerapan Algoritma Greedy Untuk Mendeteksi Aktivitas Lansia Pada Karpet Menggunakan Arduino Mega

PUJIANTI WAHYUNINGSIH

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma greedy dalam mendeteksiaktivitas lansia diatas karpet menggunakan Arduino Mega.Pada karpet terdapat node-node sensor yang terhubung ke arduino mega danakan aktif ketika sensor tersebut ditekan. Algoritma greedy pada penelitian ini berfungsi untuk menentukan aktivitas lansia pada saat berdiri, berjalan, duduk dan berbaring. Jika node sensor yang tertekan antara 2 sampai 4 maka lansia sedang berdiri atau berjalan, jika 5 sampai 8 node sensor tertekan maka lansia sedang duduk dan jika yang tertekan lebih dari 9 node maka lansia sedang berbaring. Karpet pada penelitian berukuran 120 x 240 cm dengan jumlah node sensor sebanyak 30 titik. Hasil dari penelitian ini adalah algoritma greedy dapat menentukan aktivitas lansia saat berdiri, berjalan, duduk dan berbaring.

 

Kata Kunci : Algoritma greedy, karpet,lansia,node sensor.


Full Text:

PDF

References


Pujianti Wahyuningsih. “Rancang Bangun Sistem Deteksi Aktivitas Lansia Berbasis Arduino Mega”,JURNAL IT: Media Informasi STMIK Handayani, Volume 8 No 2, Agustus 2017.

Abdul Jalil, Pujianti Wahyuningsih “Penerapan Algoritma Greedy Pada Sistem Penukaran Nominal Mata Uang Rupiah”Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2014, APTIKOM. ISSN: 2338-2899.

Soleh, Andi Susilo. “Desain dan implementasi smart home sistem pengendali lampu rumah berbasis arduino mega”. Seminar Riset Teknologi Informasi (SRITI) tahun 2016.

http://www.electroons.com/8051/electroons/images/keypad.jpg. [online], diakses pukul 18.20 pada tanggal 7 Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.24252/instek.v3i1.4811

DOI (PDF): https://doi.org/10.24252/instek.v3i1.4811.g4317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PUJIANTI WAHYUNINGSIH

Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) is indexed by:

        pkp_index_k2