Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PETUNJUK PENULISAN

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Artikel yang dimuat dalam JIIP merupakan hasil penelitian pada bidang ilmu peternakan dan atau bidan  ilmu  lain  yang  mendukung perkembangan  teknologi    dan  industri  peternakan  dengan ketentuan belum pernah dipublikasikan

  2. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia dengan mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan atau dalam bahasa Inggris

  3. Jumlah halaman naskah minimal 6 halaman dan maksimal 12 halaman

  4. Naskah ditulis huruf Book Antiqua, Font 11, dengan spasi 1,5, kecuali abstrak  spasi 1, margin atas 4 cm, margin kiri 2,5 cm, margin kanan dan bawah  2,5 cm menggunakan program Micrososft Word format, kecuali grafik atau tabel  menggunakan Microsoft Excell format, dan gambar dalam bentuk JPEG atau PDF format.

  5. Naskah dicetak pada kertas  A4. Diserahkan dalam bentuk  print-out sebanyak         2 eksamplar beserta soft copy dalam bentuk CD. Berkas (file) dibuat dengan Microsoft Word.  Pengiriman  file  juga  dapat  dilakukan  sebagai  attachment  e-mail  ke  alamat:  jiip.fst@gmail.com

  6. Naskah disusun dengan urutan :

    1. Judul: ditulis sesingkat mungkin tetapi komprehensif. Judul ditulis dengan huruf Book Antique Size 12; Bold; Capitalize Each Word untuk judul judul Indonesia dan Book Antique 11 pt; italic untuk judul bahasa Inggris. Judul menggambarkan isi pokok tulisan dan tidak lebih dari 12 (lima belas) kata.
    2. Nama dan alamat penulis: Nama penulis (Book antique 11 pt) dan asal institusi (Book antique 10 pt) ditulis lengkap,  Apabilah  penulis lebih dari satu yang berasal dari instansi yang berbeda, maka dibelakang setiap nama diberi superscript  angka arab. Alamat lengkap penulis ditulis di bawah nama penulis lengkap dengan E-mail (Co-author), E-mail (corespondence author) lengkap dengan nomor telpon yang dibuat sesuai dengan banyaknya indeks atas nama penulis.
    3. Abstrak, berisi   ringkasan naskah yang terdiri dari masalah, tujuan, materi dan metode, serta hasil dan kesimpulan. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Minimal 150 kata dan maksimum 250 kata yang dibuat dalam  satu paragraf. Kata Kunci  (key words) diletakkan 2 spasi di bawah abstrak, kata yang digunakan  maksimal 5-10 kata.
    4. Pendahuluan, meliputi latar belakang, permasalahan yang dihadapi, usaha-usaha yang telah dilakukan, pendekatan yang ditempuh untuk memecahkan masalah, dan tujuan penelitian.
    5. Materi  dan  metode,  diuraikan  dengan  jelas  termasuk  alat  (spesifikasi)  dan  bahan  dan pelaksanaan penelitian yang dilakukan.
    6. Hasil  dan  Pembahasan,  menyajikan  dan  membahas  secara  jelas  dan  lengkap  hasil-hasil penelitian yang dicapai dengan mengacu kepada tujuan. Hasil dan pembahasan dapat disajikan secara terpisah atau disatukan. Uraian tentang hasil dapat dilengkapi dengan tabel dan illustrasi (gambar, grafik, atau foto, sebaiknya hitam putih) yang jelas pada halaman terpisah. Setia Tabel diberikan judul tabel yang diletakkan di atasnya, sedangkan pada gambar atau grafik  ilustrasi diletakan di bawahnya bersifat mandir. Ukuran huruf yang digunakan dalam dalam tabel Font 10.
      1. Kesimpulan
      2. Ucapan terima kasih, jika dianggap perlu.
    7. Daftar  Pustaka,  setiap  pustaka  yang  digunakan  dalam  tulisan  harus  dicantumkan,  dan diusahakan 10 tahun terakhir. Pustaka dibuat dalam   bentuk nama dan tahun terbit mengacul pada model Elsevier-Harvard (nama, tahun) (Zotero) dan dikombinasikan secara manual sesuai petunjuk penulisan “Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan”, mislanya Anto (2001), (Anto, 2001; Man, 2019; Rosi et al., 2019), atau Anto et al., (2001),. Daftar Pustaka di urutkan berdasarkan abjad.  Apabilah sumber pustaka  berasal  dari  lebih  dari  satu  artikel,  tetapi  berasal  dari  penulis    yang  sama,  maka dibelakang tahun, baik yang terdapat di dalam teks maupun di dalam daftar dapat dibubuhi huruf kecil (a, b, c, dst). Nama penulis yang lebih dari dua orang, di dalam teks ditulis dkk., misalnya Anto dkk., (2001) bagi naskah berbahasa Indonesia dan ditulis et al., misalnya Anto et al., (2001) bagi penulis asing. Dalam daftar pustaka nama penulis harus ditulis semua.
  7. Contoh cara penulisan daftar pustaka

     

    Buku:

     

    Anderson, D.W., Vault, V.D., and. Dicksori, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Educa tion. Mc Cutchan Publishing Co, Berkeley.

     

    Buku kumpulan artikel :

     

    Saukah, A., and  Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). UM Press, Malang.

     

    Artikel dalam buku kumpulan Artikel :

     

    Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds), Children's Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). Routledge, London.

     

    Artikel dalam jurnal atau majalah:

     

    Kusumawati, N., Jenie, B.S.L., Setyahadi, S.,  dan Hariyadi, R.D. 2010. Seleksi bakteri asam laktat indigenus sebagai galur probiotik dengan kemampuan menurunkan kolesterol. Microbiol. Indones. 8(1): 1-8.

     

    Kansil,  C. L.  2002.  Orientasi baru  penyelenggaraan pendidikan program profesional dalam memenuhi kebutuhan dunia industri. Transpor. 3 (4): 57-61.

     

    Artikel daiam koran:

     

    Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.

     

    Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):

     

    Jawa Pos. 22 April. 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.

     

     

     

     

     

    Dokumen resmi:

     

    Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian.Jakarta:  Depdikbud.  Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  2  tentang  Sistem Pendidikan Nasional. 1990. PT Armas Duta Jaya, Jakarta.

     

    Buku terjemahan:

     

    Ary,D., Jacobs, L.C., and Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan kan.Terjemahan oleh Arief Furchan.1982. Usaha Nasional, Surabaya.

     

    Internet (karya individual):

     

    Hitchcock, S., Carr, L., and Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http:// journal.ecs. soton.ac.uk/survey/survey.html, di akses 12 Juni 1996).

     

    Internet (artikel dalam jurnal online):

     

    Kumaidi.  1998  Pengukuran  Bekal  Awal  Belajar  dan  Pengembangan  Tesnya.  Jurnal  Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www. malang.ac.id, di akses 20 Januari2000).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.