Peran Stratifikasi Sosial Masyarakat Pedesaan Terhadap Usaha Ternak Sapi Potong (Studi Kasus Di Desa Lompo Tengah Kec. Tanete Riaja Kab. Barru)

Mursidin Mursidin, Jumriah Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Peran Stratifikasi Sosial Masyarakat Perdesaan Terhadap Usaha Ternak Sapi Potong yang ada di Desa Lompo Tengah Kec. Tanete Riaja Kab. Barru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah FGD (Focus Group Discussion) dimana dalam FGD ini dilakukan proses wawancara secara langsung terhadap masyarakat sekitar serta instansi dan tokoh adat daerah penelitian dengan menggunakan alat interview guide (panduan wawancara). Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah stratifikasi sosial di Desa Lompo Tengah memiliki peranan yang berkaitan dengan harga diri yang merupakan hak yang dimiliki oleh setiap individu karena kedudukannya pada sebuah strata. Salah satu peternak berpendapat bahwa kondisi tentang peran stratifikasi sosial di Desa Lompo Tengah terbilang baik sebab hubungan antara pemimpin dan warga masyarakat khususnya peternak tetap dalam kondisi saling menghargai satu sama lain bahkan dari segi hak-hak yang telah dipenuhi terdistribusi secara merata tanpa melihat derajat dan statusnya. Sedangkan lain hal dengan pendapat pak Yendre, salah satu anggota kelompok tani/ternak di Desa Lompoh Tengah bahwa kelompoknnya kurang menjalin kerjasama, hanya di waktu tertentu saja seperti acara adat dsb. Namun dalam hal peternakan dan pertanian sangat kental bekerja secara induvidu meski mereka dalam sebuah kelompok seperti halnya dalam pemberian sapi potong betina produktif dan bantuan vaksin oleh pemerintah yang jarang didapatkan, hanya yang mendapatkan keluarga dari pemimpin adat atau yang sangat akrab dengan pemimpin adat.


Keywords


Stratifikasi Sosial, Pedesaan, Sapi Potong

References


Abu, A. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdi, M. 2010. Kebijakan Pengembangan Peternakan Sapi Potong di Indonesia, Jurnal Litbang Pertanian. Fakultas Pertanian Mulawarman, Samarinda.

Jimmy. 2012. Masyarakat Sosial Stratifikasi Sosial. Bandung: Yudistira.

Munandar, Solaeman. 2011. Ilmu Sosial Dasar. Bandung: Tarsito.

Sastramiharja. 2010. Setangkai Bunga Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka.

Soerjono, Soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Wahyuningsih. 2011. Masyarakat Desa. Bandung: Yudistira.

Ralf, D. 2013. Sistem Sosial. Jakarta: PT Raju Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24252/jiip.v4i2.9857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan by Indexing:

         


pISSN 2355-0732
eISSN 2716-2222

 

Published by

Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jl. HM. Yasin Limpo 36 Samata, Gowa Regency, South Sulawesi, Indonesia. 92113

E-mail: jiip@uin-alauddin.ac.id

  Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License