Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for ?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1. Jurnal Farmasi UIN Alauddin Makassar menerima tulisan ilmiah atau artikel tentang hasil penelitian dalam bidang farmasi, termasuk yang ada kaitannya dengan kefarmasian dan bahan alam.

2. Naskah diutamakan yang belum pernah diterbitkan di media lain, baik cetak maupun elektronik. Jika sudah pernah disampaikan dalam suatu pertemuan ilmiah hendaknya diberi keterangan yang jelas mengenai nama, tempat, dan tanggal berlangsungnya pertemuan tersebut.

3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia baku dengan huruf Arial 11, diketik dengan jarak baris 1,5 spasi pada kertas HVS A4 dengan margin atas 3 cm, bawah 2 cm, kiri 3 cm, dan kanan 2 cm, minimum 4 halaman, maksimum 10 halaman sudah termasuk gambar/foto atau tabel, disusun dengan sistematika sebagai berikut:

a. Judul tulis dengan huruf kapital, singkat dan jelas mencerminkan isi tulisan.

b. Nama penulis tanpa gelar, diikuti alamat instansinya masing-masing dan disebutkan alamat korespondensi kepada penulis lengkap dengan alamat e-mail (bila ada).

c. Abstrak dalam bahasa Indonesia, maksimum 200 kata, dilengkapi dengan kata kunci (keywords) 3 – 5 kata.

d. Isi/ Batang Tubuh:

1) Untuk tulisan berupa laporan hasil penelitian, disusun dengan sistematika sebagai berikut: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Ucapan terima kasih (jika diperlukan), Kesimpulan .

2) Sitasi/rujukan kepustakaan dilakukan dengan sistem abjad yang diletakkan dalam tanda kurung. Contoh: Asam amino merupakan...... (Hamzah, 2014 :1)

3) Kepustakaan ditulis sesuai urutan abjad, ditulis secara konsisten. Contoh Penulisan kepustakaan sebagai berikut: Artikel dari jurnal

a) Krebs, C.J. (2009). Ecology the Experimental Analysis of Distribution and Abundance. USA: Benjamin Cummings, Pearson. Buku Teks

b) Hamzah, N. (2018). Teori dan aplikasi Kimia Medisinal. Makassar : Alauddin University Press. Makalah dalam prosiding

c) Lestari, E.F., Rahmawanty, D., Fitriana,M. (2015). Pengembangan formula mikroemulsi minyak nilam (Pogostemon cablin Benth) dengan variasi konsentrasi virgin coconut oil (VCO), lauryl glucoside dan etanol. Prosiding Seminar Nasional Kefarmasian 2015. Banjarmasin: Program Studi Farmasi FMIPA Unlam. Buku/Monografi dari Internet

d) Donaldson, M.S., editor. (1999). Measuring the quality of health care [monograph on the internet]. Washington : National Academy Press, , [cited 2004 Oct 8]. Available from: http://bmj.bmjjournals.com/cgi/content/full/329/7470/825. Rujukan dari Dokumen Resmi dengan Penulis/Lembaga

e) Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman penulisan laporan Penelitian. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1978 4. Tabel harus utuh, jelas terbaca, dibuat dengan format tabel pada Micrpsoft Words, tanpa garis pembatas kolom dan baris pada badan tabel, diletakkan simetris di tengah area pengetikan, diberi judul dan nomor tabel dengan angka arab (1,2,3,... dst).

5. Gambar dibuat dengan format JPG, JPEG, atau BMP, atau format Microsoft Excel/scatter plot untuk grafik, disisipkan langsung dalam naskah dengan keterangan yang jelas. Beri judul dan nomor dengan angka arab (1,2,3,....dst).

6. Naskah dikirim dalam bentuk cetakan (hard copy) ke alamat redaksi dan berkas elektronik (Soft copy) dapat dikirim melalui e-mail ke alamat jurnal.farmasi@uin-alauddin.ac.id