PENGARUH RELAKSASI NAFAS DALAM DENGAN TEKNIK MENIUP BALON TERHADAP PERUBAHAN SKALA NYERI PASCA OPERASI SEKSIO SESAREA DI RSIA BAHAGIA MAKASSAR

Ar. Megawahyuni, Hasnah Hasnah, Mariah Ulfah Azhar

Abstract


Persalinan seksio sesarea semakin banyak diminati oleh ibu hamil di negara maju, hal ini dikarenakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang hingga saat ini. Secara fisiologis, tindakan operasi sekio sesarea dapat menimbulkan dampak pasca operasi yaitu nyeri. Penatalaksanaan nyeri pada pasca operasi seksio sesarea terdiri dari penatalaksanaan farmakologi dan non farmakologi. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menurunkan skala nyeri secara non farmakologi yaitu dengan latihan relaksasi nafas dalam dengan teknik meniup balon. Adapun tujuan dari penelitian yaitu mengetahui pengaruh relaksasi nafas dalam dengan teknik meniup balon terhadap perubahan skala nyeri pasca operasi seksio sesarea di RSIA Bahagia Makassar. Metode penelitian dengan menggunakan Desain penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan pendekatan one group pre and post test design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 responden ibu pasca operasi seksio sesarea dengan 24 jam  pertama dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengambilan data dilakukan di ruang perawatan nifas dengan menggunakan lembar observasi dan skala ukur nyeri NRS (Numeric rating Scale) pada tanggal 16 Januari 2018 sampai 16 Februari 2018. Analisa data yang digunakan yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skala nyeri sebelum dilakukan intervensi adalah 7.03 dimana nilai tersebut masuk dalam kategori nyeri berat. Sedangkan skala nyeri setelah diberikan intervensi relaksasi nafas dalam dengan teknik meniup balon adalah 2.20 dimana nilai tersebut masuk dalam kategori nyeri ringan. Hasil analisis yang telah diperoleh dengan menggunakan uji wilcoxon yaitu p=0,000 (p<0,05). Hal ini membuktikan bahwa Ha diterima yaitu ada pengaruh relaksasi nafas dalam dengan teknik meniup balon terhadap perubahan skala nyeri pasca operasi seksio sesarea.


Keywords


Seksio sesarea; Nyeri; Relaksasi nafas

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kementerian Agama RI.

Handayani, Nunung. Dkk. 2017. Penerapan Teknik Nafas Dalam dan Aroma Terapi Bunga Mawar Terhadap Penurunan Nyeri Dismenore Pada Remaja Putri.

Hapsari, Retno Wida, dan Tri Anasari. 2013. Efektivitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam dan Metode Pemberian Cokelat Terhadap Penurunan Intensitas Dismenore Pada Remaja Putri Di Smk Swagaya 2 Purwokerto. Jurnal Involusi Kebidanan, Vol. 3, No. 5. Diakses 18 Januari 2018.

Hartati, Suryani dan Anik Maryunani. 2014. Asuhan Keperawatan Ibu Post Partum Seksio Sesarea (Pendekatan Teori Model Selfcare dan Comfart), Jakarta Timur: CV. Transa Info Media.

Hutahaean, Serri. (2009). Asuhan Keperawatan Dalam Maternitas & Ginekologi. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Pyati, S., & Gan, T. J. 2007. Perioperative pain management. CNS Drugs, 21(3), 185–211. https://doi.org/10.2165/00023210-200721030-00002

Sulaminingsih, et al. 2012. Perbedaan Nyeri Pada Pasien Pasca Operasi Sectio Caesar Pertama dengan Pasien Pasca Operasi Sectio Caesar Berulang yang Diberikan Ketolorac 30 Mg di RSUD Ambarawa.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wahyuni, Hesti. Dkk. 2015. Terapi Slow Deep Breathing Dengan Bermain Meniup Baling-Baling Terhadap Intensitas Nyeri Pada Anak Yang Dilakukan Penyuntikan Anestesi Sirkumsisi. Jurnal Skolastik Keperawatan. Vol.1, No. 2. ISSN: 2443-0935.

Wahyuni, S. Dkk. 2010. Model Konsep & Teori Keperawatan Aplikasi pada Kasus Obstetri Ginekologi. Bandung: PT. Refika Aditama.

World Health Organization. 2015. WHO Statement on Caesarean Section Rates. Retrieved from www.who.int/reproductivehealth/




DOI: https://doi.org/10.24252/jkesehatan.v11i1.5028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

See Visitor Stats