ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK TERHADAP PESAN DAKWAH USTADZ FIRANDA ANDIRJA ABIDIN

Muliaty Amin, Nurhidayat Muh. Said, Yaumil Khairiyyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis wacana pesan dakwah Ustadz Firanda Andirja Abidin dengan menggunakan teori Van Dijk. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah video Ustadz Firanda Andirja Abidin yakni Lentera Hikmah yang berjudul “Emansisapi atau Emansipasi” dalam channel Ammar TV dan data-data yang dinilai memiliki hubungan dengan objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja adalah bentuk kekhawatiran saat beberapa kelompok menuntut keadilan antara laki-laki dan perempuan, keadilan yang dimaksud adalah keadilan bagi perempuan untuk melakukan segala sesuatu yang setara dengan laki-laki. Oleh karena itu, perempuan dan laki-laki bebas melakukan sesuatu hal yang diinginkan, tetapi tetap harus sesuai dengan syariat Islam.

References


Abidin, Z. (2015). Kesetaraan Gender Dan Emansipasi Perempuan. Tarbawiyah, 12(01), 1–18. file:///C:/Users/PC/Downloads/Documents/6951-17527-1-SM.pdf

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pertumbuhan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1). https://www.jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/view/79

David, E. R. (Eribka), Sondakh, M. (Mariam), & Harilama, S. (Stefi). (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 6(1), 93363. https://www.neliti.com/publications/93363/pengaruh-konten-vlog-dalam-youtube-terhadap-pembentukan-sikap-mahasiswa-ilmu-kom.

Ferdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Fralinger, B., & Owens, R. (2009). You Tube As A Learning Tool. Journal of College Teaching & Learning, 6(8).

Hajar, I. (2018). Analisis Sosial Media. Jurnal Al-Khitabah, 5(2), 95–109. file:///C:/Users/PC/Downloads/Documents/6951-17527-1-SM.pdf

Heryanto, G. (2017). Melawan Hoax di Media Sosial dan Media Massa. Yogyakarta: Trustmedia Publishing.

Komala, L. (2009). Ilmu Komunikasi Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran.

Analisis Wacana Teun Van A. Dijk Terhadap……… (Muliaty Amin, Nurhidayat, Yaumil)

Nasrullah, & Rulli. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosial Tekhnologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurhidayah, Y., & Nurhayati, E. (2018). Psikologi Komunikasi Antar Gender. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyadi, I. (2015). Emansipasi Wanita dan Peran Ibu. Yogyakarta: Gadjah Mada Universiti Press, III(1), 29–45. file:///C:/Users/PC/Downloads/Documents/98-Article Text-186-1-10-20161227.pdf

Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers.

Stubs, M. (1983). Discourse Analysis. Chicago: The University at Chicago Press.

Suhandang, K. (2013). Ilmu Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Mercusuar is indexed by