PENGELOLAAN PERSAMPAHAN PADA PERMUKIMAN PADAT PENDUDUK DI KELURAHAN CICADAS, KOTA BANDUNG

Hadi Fitriansyah, Budi Heri Pirngadi, Furi Sari Nurwulandari

Sari


Pada tahun 2019 di Kota Bandung dapat menghasilkan sampah sekitar 1.700 ton/hari dengan jumlah penduduk sebesar ± 2,5 juta jiwa. Dari keseluruhan jumlah sampah yang dihasilkan sebesar 70% sampah tersebut berasal dari rumah tangga. Kelurahan Cicadas merupakan salah satu kawasan permukiman yang memiliki kepadatan penduduk tinggi di Kota Bandung. Penelitian ini untuk memberikan suatu arahan pengelolaan sampah yang sesuai untuk diterapkan pada permukiman padat penduduk di Kelurahan Cicadas dimulai dari aspek teknis operasional, kelembagaan, peraturan dan aspek peran serta masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian adalah Mix Method yang mengkombinasikan antara penelitian kulaitatif dan kuantitatif. Timbulan sampah yang dihasilkan pada permukiman di Kelurahan Cicadas mencapai 42,9 M3/hari. Bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah pada Kelurahan Cicadas antara lain masyarakat melakukan musyawarah, kegiatan gotong-royong, serta pendirian bank sampah berasal dari sumbangan dari individu/swasta. Untuk arahan teknis operasional persampahan yaitu penyediaan wadah komunal dan pengadaan TPS 3R sebagai tempat pemrosesan sampah dekat dengan sumbernya yang berbasis masyarakat. Arahan peraturan dan kelembagaan Koordinasi antara berbagai pihak terkait pengelolaan sampah dan Implementasi Insentif dan Disinsentif. Arahan peran serta masyarakat memilah sampah, sosialisasi, publikasi, dan pelatihan.


Kata Kunci


sampah; permukiman padat; penduduk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Căilean, D., & Teodosiu, C. (2016). An assessment of the Romanian solid waste management system based on sustainable development indicators. Sustainable Production and Consumption, 8(March 2016), 45–56.

Damanhuri, Enri dan Padmi, Tri. 2016. Pengelolaan Sampah Terpadu (Edisi Pertama). Penerbit ITB Bandung.

Damanhuri, E., Wahyu, I. M., Ramang, R., & Padmi, T. (2009). Evaluation of municipal solid waste flow in the Bandung metropolitan area, Indonesia. Journal of Material Cycles and Waste Management, 11(3), 270–276.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Cipta Karya, 2007, Best Practice of Solid Waste Management in Indonesia (www.pu.go.id) diakses 24 September 2019.

Hijau Lestai, 2014, Sampah Bukan Masalah Sampah Penuh Manfaat, dari http://www.hijaulestari.org/kolom/kultwit-sampah-bukan-masalah-sampah-penuh-manfaat, diakses 24 September 2019

Kodoatie, Robert. 2005. Pengantar Manajemen Infrastruktur. Penerbit Pustaka Pelajar.

Laporan PD Kebersihan Kota Bandung, 2018. (2018). Kota Bandung.

Masterplan Persampahan Kota Bandung Tahun 2017-2037.

Rizal, M. (2011). Analisis Pengelolaan Persampahan Perkotaan. Smartek, 9(2), 155–172.

Setiadi, Amos. (2015). “Studi Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas Pada Kawasan Permukiman Perkotaan Di Yogyakarta.” Jurnal Wilayah Dan Lingkungan 3(1):27.

Sudiro, Setyawan Arief, Nulhakim Lukman, (2018), Model Pengelolaan Sampah Permukiman di Kelurahan Tunjung Sekar Kota Malang, Jurnal Penelitian, Program Studi Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Nasional, Malang.

Sumantri, Rezi Adriwan Giandi Iskandar and Ellina Sitepu Pandebesie. 2015. “Potensi Daur Ulang Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo (Potential of Recycling and Public Participation in Waste Management in Jabon Sub-District, Sidoarjo Regency).” Jurnal Teknik ITS 4(1):D11–15.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota is indexed by

Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota

ISSN Print:  2301-878X ISSN Online: 2541-2973

Urban and Regional Planning Department, Faculty of Science and Technology UIN Alauddin Makassar

Jl. H. M. Yasin Limpo No 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Email: plano.madani@uin-alauddin.ac.id