Distribusi Spasial Spesies Larva Anopheles Di Daerah Pesisir Kota Makassar Tahun 2013

  • Muhammad Saleh Jastam Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Malaria merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Penyakit ini mempengaruhi tingginya angka kematian bayi, balita dan ibu hamil. Berdasarkan data World Health Organization/WHO (2009), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Distribusi Spasial Spesies Larva Anopheles Di Daerah Pesisir Kota Makassar, dan untuk mengetahui kepadatan Larva Anopheles berdasarkan tipe dan Kecamatan di Daerah Pesisir kota Makassar, serta mengidentifikasi spesies Larva Anopheles di Daerah Pesisir Kota Makassar.

Jenis penelitian ini adalah observasional dengan jenis rancangan exploratif dengan pendekatan Sistem Informasi Geografi (SIG) yang memiliki kemampuan untuk menvisualisasikan, mengeksplorasi, dan menganalisis Larva Anopheles secara spasial.

Ditemukan Larva Anopheles pada tiga Kecamatan di Daerah Pesisir Kota Makassar  yaitu Kecamatan Tamalate, Kecamatan Tamalanrea dan Kecamatan Biringkanaya. Pada Kecamatan Tamalate ditemukan hanya 1 titik, di Kecamatan Tamalanrea 4 titik dan di Kecamatan Biringkanaya 3 titik. Spesies Larva Anopheles yang ditemukan yaitu An. hyrcanus dan  An. barbirostris dan An. subpictus. Kepadatan Larva berdasarkan spesies. An. hyrcanus dan  An. barbirostris terbanyak ditemukan pada tempat perkembangbiakan tipe sawah dan rawa-rawa masing-masing 26/50 Dip dan 2/50 Dip. Sedangkan An. subpictus pada tempat perkembangbiakan tipe tambak dan rawa-rawa 17/50 Dip dan 16/100 Dip.

Diharapkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan atau  memberdayakan kembali tambak yang tidak terurus guna mengurangi laju perkembangbiakan vektor Anopheles. Serta diharapkan dalam penelitian selanjutnya melakukan penelitian lebih mendalam guna menentukan spesies Anopheles di Daerah Pesisir Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Saleh Jastam, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar
Dosen Kesehatan Lingkungan Jurusan Kesehatan Masyarakat FKIK UIN Alauddin Makassar
How to Cite
Jastam, M. S. (1). Distribusi Spasial Spesies Larva Anopheles Di Daerah Pesisir Kota Makassar Tahun 2013. Al-Sihah: The Public Health Science Journal, 6(2). https://doi.org/10.24252/as.v6i2.1963
Section
Volume 6-8, Nomor 1-2, Tahun 2014-16
Abstract viewed = 288 times