Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Barru Sulawesi Selatan Tahun 2017

Authors

  • Ayu Wulandari Kahar FKM Universitas Muslim Indonesia
  • Basir Palu FKM Universitas Muslim Indonesia
  • Sitti Raodhah Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/as.v9i2.3760

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan; (1) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu keandalan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan, (2) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu ketanggapan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan, (3) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu jaminan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan (4) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu empati terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan (5) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutubukti langsungi terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan, dan (6) faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional analitik dengan rancangan cross sectional study. Sampel penelitian adalah pasien rawat inap di ruang kebidanan RSUD Barru yang berjumlah 86 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh Keandalan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 2) ada pengaruh Ketanggapan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 3) ada pengaruh Jaminan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 4) ada pengaruh Empati dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 5) ada pengaruh Bukti Langsung dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 6)  variabel Keandalan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap Kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru tahun 2017. Bagi Rumah Sakit Umum Daerah Barru pada bagian rawat inap kebidanan agar meningkatkan keterampilan bidan, melakukan uji kompetensi sesuai profesi petugas, mengedepankan keramahan kepada pasien dan memperbaiki sarana dan prasarana yang ada.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ayu Wulandari Kahar, FKM Universitas Muslim Indonesia

Mahasiswa Pascasarjana FKM Universitas Muslim Indonesia

Basir Palu, FKM Universitas Muslim Indonesia

Dosen Pascasarjana FKM Universitas Muslim Indonesia

Sitti Raodhah, Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Dosen Administrasi Kebijakan Kesehatan, Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Bagian Kepegawaian, Data Kepegawaian RSUD Barru Sulawesi Selatan; Barru
Ghojali, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, ed. 3. 2005, Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Hendriani,Analisis Harapan dan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Persalinan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang, Unipersitas Diponegoro,Semarang,Thesis, 2006.
Notoatmodjo, S., Metodologi Penelitian Kesehatan. 2002, Jakarta Rineka Cipta.
Prawirohardjo, Y.B.P.S., Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ed. 1. 2001, Jakarta: JNPKKR-POGI.
Profil, RSUD, Kabupaten, Barru.(2015), Profil Rumah Sakit Umum Daerah Barru. Barru
Singgih, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. 2000, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Soemantri et.al (eds), Maternal Morbidity and Mortality Study: CHN-III/Household Health Survey 1995, 1999, MOH and National Institute of Health Research and Development, Jakarta.
Suryadi,Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Layanan Antenatal Care (ANC) Terhadap Kepuasan Ibu Hamil di Pskesmas Lamepayung Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat, Unipersitas Diponegoro, Semarang, Thesis,2009.

Published

2017-11-25

How to Cite

Kahar, A. W., Palu, B., & Raodhah, S. (2017). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Barru Sulawesi Selatan Tahun 2017. Al-Sihah: The Public Health Science Journal, 9(2). https://doi.org/10.24252/as.v9i2.3760

Issue

Section

Volume 9, Nomor 2, Tahun 2017