Penerapan Komunikasi Pasien dan Keluarga Berdasarkan Standar Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) 2012 di RS Tk.II Pelamonia Makassar

  • Sitti Raodhah Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Surahmawati Surahmawati Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahratul Aeni Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dwi Kurnia Lestari Zulmi Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penerapan Komunikasi Pasien dan Keluarga Berdasarkan Standar Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) 2012 di Rs Tk.II Pelamonia Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sitti Raodhah, Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Dosen Konsentrasi AKK Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Surahmawati Surahmawati, Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Dosen Konsentrasi AKK Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Syahratul Aeni, Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Dosen Konsentrasi Epidemiologi Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Dwi Kurnia Lestari Zulmi, Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Mahasiswa  Konsentrasi AKK Program Studi Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Astuti, Tri Puji. (2013). Analisis Penerapan Manajemen Pasien Safety dalam Rangka Peningkatan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013.Naskah Publikasi Skripsi. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

International, Joint Commission.(2011). Joint Commision International Accreditation Standards for Hospitals, 4th edition (Joint Commision InternationalStandar Akreditasi Rumah Sakit.Edisi ke-4), terj.Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Jacobus, Rocy.(2014). Hak Pasien Mendapatkan Informasi Resiko Pelayanan Medik.Lex Privatum, 2: 166-172.

Kementerian Agama Republik Indonesia.(2010). Al- Qur’an dan Terjemahnya.Jakarta: Kementerian Agama RI.

Kementerian Kesehatan.(2011)Standar Akreditasi Rumah Sakit.Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit. (2012).Instrumen Akreditasi Rumah Sakit Standar Akreditasi versi 2012, edisi 1. Jakarta: KARS.

Notoadmodjo, Soekidjo.(2012). Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-prinsip Dasar dalam Dedi Alamsyah, ed. Manajemen Pelayanan Kesehatan.Cet: II; Yogyakarta: Nuha Medika.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 012 Tahun 2012 Tentang Akreditasi Rumah Sakit.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 417 Tahun 2011 Tentang Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Putri, Trikaloka H. dan Achmad Fanani.(2013).Komunikasi Kesehatan.Yogyakarta: Merkid Press.

Satrianegara, M. Fais. (2014). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan.Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Sutrisno.(2015). Pengaruh Edukasi Perawat Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Purwodadi Kabupaten Grobongan.Medisains Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, 14: 22-27.

UIN Alauddin Makassar.(2013).Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian Edisi Revisi.Makassar: Alauddin Press.

Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Wendari, Febri, dkk. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Senam Nifas terhadap Pengetahuan Primipara tentang Senam Nifas di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang.Jurnal Ners Keperawatan, 9: 194-201.

How to Cite
Raodhah, S., Surahmawati, S., Aeni, S., & Zulmi, D. K. L. (1). Penerapan Komunikasi Pasien dan Keluarga Berdasarkan Standar Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) 2012 di RS Tk.II Pelamonia Makassar. Al-Sihah: The Public Health Science Journal, 10(1). https://doi.org/10.24252/as.v10i1.5421
Section
Volume 10, Nomor 1, Tahun 2018
Abstract viewed = 408 times