Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Fisika Siswa Man Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar
DOI:
https://doi.org/10.24252/jpf.v1i1.1096Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh kepemimpinan guru fisika terhadap aktivitas belajar fisika siswa MAN Botoharu Kabupaten Kepulauan Selayar.. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu kepemimpinan guru fisika sebagai variabel bebas dan aktivitas belajar fisika sebagai variabel terikat.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN Bontoharu yang belajar fisika yaitu berjumlah 121 . Adapun sampelnya adalah 30% dari populasi yakni 36 siswa, dimana kelas Xa terdapat 8 sampel, kelas Xb terdapat 9 sampel, kelas Xc terdapat 10 sampel dan di kelaS XI IPA terdapat 9 sampel. Peneliti menggunakan sistem sampel proporsional stratified purposive sampling. Peneliti menggunakan instrument penelitian angket dengan menggunakan skala likert. Untuk mendukung data hasil angket dilakukan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata untuk kepemimpinan otoriter guru mempunyai skor rata-rata 27,1 dengan standar deviasi 4,22 dengan skor tertinggi 34 dan terendah 18. Skor rata-rata yang diperoleh berada di kategori sedang. Untuk kepemimpinan demokratis guru mempunyai skor rata-rata 42,22 dan standar deviasi 4,61 dengan skor tertinggi 50 dan terendah 29. Skor rata-rata yang diperoleh berada pada kategori tinggi. Sedangkan untuk kepemimpinan Lazzies-faire guru mempunyai skor rata-rata 19,08 dan satndar deviasi 2,76 dengan skor tertinggi 29 dan terendah 13 dan skor rata-rata berada pada kategori sedang. Dari hasil ketiga kepemimpinan guru yang diperoleh, disimpulkan bahwa kepemimpinan guru fisika di MAN Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar adalah kepemimpinan demokratis. Hal ini sejalan dengan hasil wawancara tidak terstruktur dengan sampel yaitu siswa MAN Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar bahwa guru fisika bersikap demokratis dalam mengajar.
Berdasarkan hasil angket dan analisis data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh skor rata-rata 93,53 dengan standar deviasi 9,58. Skor tertinggi nilainya 117 dan terendah 77. Skor ini berada pada kategori cukup.
Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 64 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,28. Dengan demikian, nilai Fhitung jauh lebih besar dari pada nilai Ftabel dan hipotesis nihil ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kepemimpinan guru fisika terhadap aktivitas belajar fisika siswa MAN Bontoharu Kab. Kepulauan Selayar
Downloads
References
[2] Adair, John. 1993. Membina Calon Pemimpin. Jakarta: Bumi Aksara
[3] Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[4] Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
[5] Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta
[6] Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
[7] Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
[8] _____________. 2011. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
[9] _____________. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Perencanaan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
[10] ______________. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
[11] http://muhammad-win-afgani.Blogspot.com
[12] http://www.downloadpdf.co.uk/kelas-pengelolaan-efektivitas
[13] http://www.kaskus.us/showtherad
[14] Kartono, Kartini. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakartra: Rajagrafindo Persada
[15] Mulyasa, E. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
[16] Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jakarta: Ar-Ruzz Media
[17] Purwanto, M. Ngalim. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
[18] Rivai, Veithzal. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
[19] Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rieneka Cipta
[20], Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
[21] Sugiyono, Prof. DR. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta
[22] ______________. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta
[23] Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
[24] Wahab, Abdul, dkk. 2011. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
[25] Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.