Perbandingan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) antara Mahasiswa Input SMA dan Mahasiswa Input MA Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Authors

  • Nur Thahirah Umajjah UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v1i2.1105

Abstract

<p align="right">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA, gambaran Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient)
mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA serta mengetahui
adanya perbedaan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 mahasiswa yang diambil melalui Proportional Stratified
Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang meliputi skala Kecerdasan emosionala dan kecerdasan spiritual. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
analisis inferensial yaitu analisis komparasi bivariat dengan uji statistik test “t”. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kecerdasan
emosional mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 59,13 dengan kategori tinggi, dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 32 dan nilai tertinggi 51 dan kecerdasan emosional mahasiswa input MA
diperoleh nilai rata-rata 75,98 dengan kategori sangat tinggi, dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 71 dan nilai tertinggi 95. Untuk kecerdasan spiritual mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata
44,46 dengan kategori sedang dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 32 dan nilai tertinggi 52, dan kecerdasan spiritual mahasiswa input MA diperoleh rata-rata 87,36 dengan kategori tinggi dari nilai
ideal 100 diperoleh nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 98. Adapun Statistik inferensial menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional (emotional Quotient) antara mahasiswa input
SMA dan mahasiswa input MA yaitu thitung<ttabel untuk taraf signifikan 5% maupun 1% (-2.01> -6,33 < -2.68), serta terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan spiritual (spiritual Quotient) antara
mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA yaitu thitung<ttabel untuk taraf signifikan 5% maupun 1% (-2.01> -34,04 < -2.68). </p>

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Agustian.2008. Ary Ginanjar. Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spritual ESQ : Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 rukun islam. Jakarta: Arga.
[2] Ahmadi. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
[3] Ali,Mohammad, 2006. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
[4] Ananda, 2007. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.
[5] Arikunto Suharsimi. Menejemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
[6] Arikunto Suharsimi. Prosedur penelitian; Jakarta: Rineka Cipta, 2007
[7] Aunurrahman. Belajar Dan Pembelajaran; Bandung: Alfabeta, 2009.
[8] Faisal Sanapiah. Format-Format penelitian; Jakarta: Rajawali pers, 1989
[9] Getteng, Abd.Rahman, Menuju Guru Profesional Dan Beretika. Yogyakarta: Graha Guru, 2009
[10] Hamzah. Model Pembelajaran; Jakarta: Bumi Aksara, 2011
[11] Hamzah. Orientasi Baru dalam Psikologi pembelajaran; Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
[12] Koentjaningrat. Metode-Metode Penelitian; Jakarta: PT Gramedi, 1977.
[13] Nazir. Metode-Metode Penelitian; Jakarta Timur: PT Galia indonesia, 1977
[14] Mustaqim. 2008. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[15] Malik. Psikologi Belajar; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003
[16] Putra Haidar. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung; PT Remaja Rosdakarya: 2004.
[17] Sudijono Anas. Metode penelitian; Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
[18] Sudjana. Metoda Statistika. Edisi I; Bandung: Tarsito, 2005.
[19] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi Revisi. Cetakan XI; Bandung: Alfabeta, 2010
[20] Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet.5. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
[21] Surya. Strategi Jitu mencapai Kesuksesan belajar.Jakarta:EMK.2011
[22] Suryabrata, Sumadi. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[23] Tim harmoni. 2004. Uji dan Asah EQ Anda. Jakarta: PT. Gramedia.
[24] Tiro Muhammad Arif. Dasar- Dasar Statistika. Edisi Revisi; Makassar: Universitas Negeri Makassar, 2000

Published

29-07-2013

How to Cite

Umajjah, N. T. (2013). Perbandingan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) antara Mahasiswa Input SMA dan Mahasiswa Input MA Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(2), 107–117. https://doi.org/10.24252/jpf.v1i2.1105

Issue

Section

Volume 1 Nomor 2, 2013