STUDI LITERATUR PENGGUNAAN PBL BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil studi pustaka penggunaan model problem based learning (PBL) berbasis video dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep fluida statis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya temuan bahwa keterampilan siswa memecahkan masalah masih dikategorikan rendah. Kondisi ini disebabkan oleh penerapan pembelajaran yang masih tradisional sehingga tidak mampu melatihkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi baru dengan menerapkan model problem based learning dengan media pembelajaran berbasis video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan model problem based learning berbasis video sudah behasil dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah baik secara indvidu maupun kelompok. Kondisi ini didukung oleh pemanfaatan video yang berperan untuk memberikan stimulus awal dalam meenggunakan model problem based learning sehingga menimbulkan motivasi dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran fisika.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL); Kemampuan Pemecahan Masalah; Video

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Silvia Wulandari, Siliwangi University

FKIP Pendidikan Fisika

Published

2021-03-29

How to Cite

Wulandari, S. (2021). STUDI LITERATUR PENGGUNAAN PBL BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7–17. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818

Issue

Section

Articles