ANALISIS DISRIMINAN DAN KLASIFIKASI KETEPATAN MASA STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

  • Duden Saepuzaman Universitas Pendidikan Indonesia ( Dosen) Universitas Negeri Yogyakarta ( Mahasiswa S3)
    (ID)
  • Heri Retnawati Universitas Negeri Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Perguruan tinggi memegang peranan yang penting dalam mencetak sumber daya manuasia yang unggul, kompeten dan berdaya saing tinggi. Salah satu aspek penilaian di perguruan tinggi adalah akreditasi. Kelulusan tepat waktu mahasiswa merupakan bagian dari penilaian akreditasi. Studi ini difokuskan pada analisis diskriminan dan klasifikasi ketepatan masa studi mahasiswa Pendidikan fisika di FPMIPA UPI pada tahun angkatan masuk 2011-2015 atau yang mulai lulus 2015 sampai 2019. Jumlah total responden sebanyak 120 dengan komposisi 64 lulusan tepat waktu dan 56 lulusan tidak tepat waktu. Instrumen yang digunakan berupa kuiosoner yang disebar melalui google form ke alumni. Variabel yang dipandang mempengaruhi ketepatan masa studi meliputi skor Fisika Dasar I, IPK semester II, semester dimana mahasiswa mengontrak skripsi, semester dimana mahasiswa mengontrak PPL,  frekuensi bimbingan dengan pembimbing akademik, dan frekuensi bimbingan dengan pembimbing skripsi. Hasil analisis diskriminan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang membedakan kelulusan tepat waktu/ ketepatan masa studi  meliputi, skor Fisika Dasar 1 ( ), semester saat mahasiswa kontrak skripsi ( ) , frekuensi Bimbingan Akademik per semester ( ) dan lama/waktu penyusunan skripsi ( ) dengan  fungsi diksriminan, . Sedangkan untuk analisis klasifikasi sebagai prediksi menghasilkan nilai kritis di  Hasil lainnya menunjukkan bahwa model /fungsi diskriminan yang dihasilkan memiliki ketepatan yang sangat tinggi yaitu 95,83 %. Hasil ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah lulusan tepat waktu dan mengantisipasi persoalan-persoalan  yang berpotensi menghambat penyelesaian studi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Duden Saepuzaman, Universitas Pendidikan Indonesia ( Dosen) Universitas Negeri Yogyakarta ( Mahasiswa S3)
Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI
Heri Retnawati, Universitas Negeri Yogyakarta
Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

References

Akey, T. M., Salkind, N. J., & Green, S. B. (1999). Using SPSS for Windows: Analyzing and Understanding Data with Disk. Upper Saddle River, N,J,: Prentice Hall

Andriani, Y,, Cahyani, D,, & Gusmaryanita, V, (2011), Analisis Diskriminan untuk Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Program Studi Matematika di FMIPA dan FKIP Universitas Sriwijaya, Jurnal Penelitian Sains, 14(4)

Burtner, J. (2005). The use of discriminant analysis to investigate the influence of non‐cognitive factors on engineering school persistence. Journal of Engineering Education, 94(3), 335-338.

Cahyawati, D., Dwipurwani, O., Cahyawati, W. B. S. D., & Bertran, W. (2011). Aplikasi Analisis Diskriminan Dalam Menentukan Fungsi Pengelompokkan Anak Putus Sekolah Pendidikan Dasar.

Field, A. (2017). Discovering statistics using IBM SPSS statistics: North American edition. Sage.

Gusriani, N., & Parmikanti, K. (2015). Klasifikasi Ketepatan Masa Studi Mahasiswa FMIPA Unpad Angkatan 2001-2006 dengan Menggunakan Metode Classification and Regression Trees (CART). Jurnal Matematika Integratif, 11(1), 7-14.

Johnson, R, A,, & Wichern, D, W, (2002), Applied multivariate statistical analysis (Vol, 5, No, 8), Upper Saddle River, NJ: Prentice hall

Kachigan, S. K. (1991). Multivariate statistical analysis: A conceptual introduction. Radius Press.

Karbhari, Y., & Muhamad Sori, Z. (2004). Prediction of corporate financial distress: Evidence from Malaysian listed firms during the Asian financial crisis. Prediction of Corporate Financial Distress: Evidence from Malaysian Listed Firms During the Asian Financial Crisis.

Low, S. W., Nor, F. M., & Yatim, P. (2001). Predicting corporate financial distress using the logit model: The case of Malaysia. Asian Academy of Management Journal, 6(1), 49-61.

Luknanto, D. (2012). UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Constitution of RI, (12).

Tim UPI (2019) Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan UPI Tahun 2019. Bandung. Tersedia di laman : http://www3.upi.edu/main/file/akademik/ea9ce-pedoman-penyelenggaraan-pendidikan-upi-tahun-2019.pdf [ diunduh 10 januari 2019]

Tasman, A., & Kurniawati, T. (2014). Prediksi Kesulitan Keuangan dan Kebangkrutan Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate dengan Pendekatan Analisis Multivariat Diskriminan. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 3(01).

Umam, K., Yuhasriati, Y., & Nadya, N. (2015). Analisis Diskriminan Melalui Metode Fisher Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Materi Bangun Ruang Pada Kelas Viii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Natural, 15(1).

Pane, R. A. (2015). Analisis Diskriminan Untuk Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 27(2).

Published
2021-09-17
How to Cite
Saepuzaman, D., & Retnawati, H. (2021). ANALISIS DISRIMINAN DAN KLASIFIKASI KETEPATAN MASA STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(2), 92-102. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i2.20576
Section
Volume 9 No 2. september 2021
Abstract viewed = 353 times