PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SPOTLIGHT TERHADAP KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA

  • andi nur ana qurnia
    (ID)
  • Umi Kusyairy

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan menjawab pertanyaan yang diajar menggunakan Metode pembelajaran spotlight, mengetahui gambaran kemampuan menjawab pertanyaan yang diajar menggunakan Metode pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan menjawab pertanyaan yang diajar menggunakan Metode pembelajaran spotlight dan Metode pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah The Static Group Comparison. Sampel penelitian berjumlah 70 orang yang dipilih dari dua kelas menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menjawab fisika siswa yang diajar dengan metode Spotlight berada pada kategori sangat Tinggi dan yang diajar dengan metode konvensional berada pada kategori rendah. Selanjutnya, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa D0 yang diperoleh sebesar 0,329 dan D(α) sebesar 0,325, sehingga D0 > D(α). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menjawab pertanyaan fisika yang diajar menggunakan metode pembelajaran Spotlight dan metode pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMAN 3 Bulukumba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya, 2005, Strategi Belajar Mengajar, CV Pustaka Setia, Bandung

Ardi, 2013, Pengaruh Penyempurnaan Peta Konsep yang Diikuti Metode Permainan Spotlight Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013, Universitas Negeri Padang.

Creswell, John, 2015, Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantiatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ginnis, Paul, 2008, Teachers toolkit. Terj. Wasi Dewanto, Trik dan Taktik Mengajar, Indeks, Jakarta.

Gusnita, Helmi, Pengaruh Penerapan Teknik Spotlight Disertai Handout Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep MatematisSiswa Kelas VIII MTsN Batang KapasKabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. STKIP PGRI Sumatera Barat. 2014.

Hurlock, Elizabeth B, 2001, Perkembangan Anak, Erlangga, Jakarta.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan, 2013, Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi ke-2, Bumi Aksara, Jakarta.

Musfiroh, Ratu Beta dan Emmawaty, 2015, Kemampuan Bertanya dan Menjawab Pertanyaan pada Garam Hidrolisis melalui Model Problem Solving, FKIP Universitas Lampung.

Sanjaya, Wina, 2008, Strategi Pembelajaran, Kencana, Jakarta.

Subana dan Sudrajat, 2001, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Pustaka Setia, Bandung.

Published
2017-03-01
How to Cite
qurnia, andi nur ana, & Kusyairy, U. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SPOTLIGHT TERHADAP KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 14-18. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.2993
Section
volume 5 Nomor 1, 2017
Abstract viewed = 407 times