EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Authors

  • Andi Ferawati Jafar
  • ainul mardia

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.3009

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui:1) Sebarapa besar Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart,  2) Sebarapa besar Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart.  3) Adakah perbedaan Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart dengan kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMPN 2 Baraka yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 77 siswa. sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan acak kelas dengan teknik pemadanan sampel sehingga diperoleh 2 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 34. Hasil  penelitian  deskriptif  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata  minat belajara peserta didik yang diajar dengan media Monopoly Game Smart  sebesar 88,7648 dan kelas yang tidak menggunakan media Monopoly Game Smart  sebesar 81,2305. Yang  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan anatara Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart dengan kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.
Jakarta: RajaGrafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran
Perannya Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujuan Pembelajaran.
Yogya-karta: Gava Media.
Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu
Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. (2011). How to Design and Evaluate Research in Education Seventh Edition. New York : McGraw-Hill.
Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta:
PT. Prenhallindo.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan.
2010.PendekatanKuantitatif,kualitat, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mardapi, Djemari Teknik penyusunan
Instrumen Tes dan Nontes.
2007.Jogjakarta: Mitra cendikia
Press.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., &
Smaldino, S.E. 2002. Instructional
mediaand technology for learning,
7th edition. New Jersey: Prentice
Hall, Inc.

Published

2017-03-01

How to Cite

Ferawati Jafar, A., & mardia, ainul. (2017). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 19–24. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.3009

Issue

Section

volume 5 Nomor 1, 2017