Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal dengan Perilaku Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X MAN 2 Model Makassa
DOI:
https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3020Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri, kecemasan komunikasi interpersonal, dan perilaku belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MAN 2 Model Makassar, serta hubungan antara kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal dengan perilaku belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MAN 2 Model Makassar. P melalui teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data untuk kepercayaan diri, kecemasan komunikasi interpersonal dan perilaku belajar ketiganya menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yait korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata untuk kepercayaan diri dengan kategori sedang, kecemasan komunikasi interpersonal dengan kategori rendah, dan perilaku belajar siswa dengan kategori sedang, sedangkan hasil inferensial yaitu Fhitung>Ftabel sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan kecemasan komuniksai interpersonal dengan perilaku belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MAN 2 Model Makassar.
Downloads
References
Alma, Buchari. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian; Bandung: Alfabeta, 2009.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran; Bandung: Alfabeta, 2011.
Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek; Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Enjang. Komunikasi Konseling, Bandung: Nuansa, 2009.
Mashudi, Farid. Psikologi Konseling. Jogjakarta; Ircisod: 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.