Perbandingan Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika antara Mahasiswa Input SMA dan MA pada Jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2012 UIN Alauddin Makassar

  • Eka Lestari UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kreativitas  dan hasil belajar mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA, untuk mengetahui adanya perbandingan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kreativitas mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 78,44 dengan kategori Baik, dan kreativitas mahasiswa input MA diperoleh nilai rata-rata 79,44 dengan kategori baik, Untuk hasil belajar mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 3,06 dengan Baik dan hasil belajar mahasiswa input MA diperoleh rata-rata 3,09 dengan kategori Baik. Adapun Statistik inferensial menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas antara mahasiswa input SMA dan MA yaitu thitung>ttabel untuk taraf signifikan 5% (-0,64<2,00), serta tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara mahasiswa input MA dan mahasiswa input SMA yaitu thitung>ttabel untuk taraf signifikan 5% (-1,875<2.00)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, Abu & Narbuko Cholid. 2010. Metodologi Penelitian.Jakarta : Bumi Aksara

Ali, Mohammad & Asrori Mohammad . 2010. Pisikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djojonegoro. 1994. Kreativitas, kebudayaan & perkembangan iptek . Jakarta: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

How to Cite
Lestari, E. (1). Perbandingan Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika antara Mahasiswa Input SMA dan MA pada Jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2012 UIN Alauddin Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2(1). https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3022
Section
Volume 2 Nomor 1, 2014
Abstract viewed = 122 times