Hubungan antara Kemampuan Mengenali Emosi Diri dan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Authors

  • Hajeriati Hajeriati

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan antara Kemampuan Mengenali Emosi Diri dan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fiska Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini dilaksanakan selama sepuluh hari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan fisika yang masih aktif dalam perkuliahan. Adapun tekhnik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random. Untuk memperoleh data mengenai ketiga Variabel tersebut peneliti menggunakan instrumen angket dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti kepada masing-masing sampel. berdasrakan hasil penelitian dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif bahwa Perilaku belajar mahasiswa jurusan pendidikan fisika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar  berada pada kategori tinggi dan statistik inferensial bahwa terdapat Hubungan Yang Positif Dan Signifikan Antara Kemampuan Mengelola Emosi Dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010, Menejemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta
Farosin, Muhammad dkk. 2003, Pemahaman Tingkah Laku, Rineka Cipta, Yogjakarta.
Giancoli, D.C, 2005 Physics: Princiles with Applications, 60” Edition, Prentice Hall International, Inc, Londen.
Goleman, Daniel. 1999. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, PT Gramedia Utama, Jakarta.
Goleman, Daniel. 2000. Emitional Intelligence (terjemahan), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence(terjemahan), PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Osho, 2008, Emotional Learning, BACA, Yogjakarta.
Shapiro, Lawrence E, 1998, Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

How to Cite

Hajeriati, H. (2014). Hubungan antara Kemampuan Mengenali Emosi Diri dan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2(1). https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3023

Issue

Section

Volume 2 Nomor 1, 2014