Pengaruh Kecakapan Akademik dan Kecakapan Sosial Terhadap Kemampuan Mengenal Diri Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

  • A.Sri Sofializa UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecakapan akademik dan kecakapan sosial terhadap kemampuan mengenal diri mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kecakapan akademik mahasiswa jurusan pendidikan Fisika terdapat pengaruh kecakapan akademik (X1) dan kecakapan sosial (X2) terhadap kemampuan mengenal diri (Y) mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan teoritis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Ferrari, J.R., Johnson, J.L., & McCown, M.G. 1995. Procrastination and Task Avoidance. New York: Plenum Press.

Given, Barbara K. 2007. Brain-Based Teaching: Merancang Kegiatan Belajar-Mengajar yang Melibatkan Otak Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestesis dan Reflektif. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Goleman, Daniel. 2007. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, Adi W. 2003. Apakah IQ anak bisa ditingkatkan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soemabrata, Iskandar AG. 2006. Pesan-Pesan Numerik Al Quran. Jakarta : Republika

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D; Bandung: Alfabeta, 2012.

Sutoyo, Agus Drs. 2000. Kiat Sukses Prof. Hembing. Jakarta: PT Prestasi Insan Indonesia(Prestasi).

Published
2014-03-01
How to Cite
Sofializa, A. (2014). Pengaruh Kecakapan Akademik dan Kecakapan Sosial Terhadap Kemampuan Mengenal Diri Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2(1). https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3024
Section
Volume 2 Nomor 1, 2014
Abstract viewed = 271 times