Hubungan Kebutuhan Penghargaan (Esteem Needs) dan Kompetisi dalam Belajar (Learning Of Competition) dengan Kreativitas Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Pao-Pao Kabupaten Gowa

  • Heni Kusmawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan kebutuhan penghargaan (esteem needs) dan kompetisi dalam belajar (learning of competition) dengan kreativitas belajar fisika siswa MTs Madani Alauddin Pao-Pao. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan instrumen angket dan pedoman wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada guru fisika masing-masing kelas. Adapun sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling, sehingga diperoleh hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan penghargaan dan kompetisi dalam belajar sangat kuat hubungannya dengan kreativitas belajar siswa.Penelitian ini dilakukan dengan harapan Guru memperhatikan dan menghargai pendapat siswa, memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa serta meningkatkan kinerja dan kompetisi sesuai kemampuan siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad dan Asrosi. 2006. Psikologi Remaja dan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi aksara

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Nurjan, Syarifan, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Surabaya: Amanah Pustaka.

Purnasamari, Ayu. 2007. Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal Remaja dengan Efektivitas Komunikasi pada Orangtua. Malang: UIN Malang.

Published
2014-03-01
How to Cite
Kusmawati, H. (2014). Hubungan Kebutuhan Penghargaan (Esteem Needs) dan Kompetisi dalam Belajar (Learning Of Competition) dengan Kreativitas Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Pao-Pao Kabupaten Gowa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2(1). https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3032
Section
Volume 2 Nomor 1, 2014
Abstract viewed = 143 times