Pengaruh Pemberian Resitasi Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika Berorientasi Modifikasi Jigsaw

  • Anggita Anggriani
    (ID)
  • Andi Maulana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • A Jusriana UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian metode resitasi terhadap kreativitas dan hasil belajar peserta didik fisika yang berorientasi pada modifikasi Jigsaw di kelas IX MTsN Balang-Balang Gowa. Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan desain penelitian yaitu The Equivalent Time Samples Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, analisis pada skor kreativitas (psikomotorik) peserta didik memiliki nilai rata-rata 85, 27. Rata-rata tersebut berada pada kategori sangat baik, sedangkan pada hasil belajar dengan rata-rata yang diperoleh 87.39 mencapai KKM yaitu 80. uji hipotesis uji t test dua sampel Dependen untuk hasil belajar thitung sebesar 17.66 dan nilai ttabel sebesar 2.021, untuk kreativitas thitung sebesar 10.2 dan nilai ttabel sebesar 2.021. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditunjukkan bahwa thitung>ttabel (α/2), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan nilai rata-rata kreativitas dan hasil belajar peserta didik fisika sebelum dan setelah diberi perlakuan dengan metode resitasi.


Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01
How to Cite
Anggriani, A., Maulana, A., & Jusriana, A. (2017). Pengaruh Pemberian Resitasi Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika Berorientasi Modifikasi Jigsaw. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 76-81. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3123
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 207 times