PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VIDEO ANIMASI STOP MOTION DAN MEDIA BERBASIS POWERPOINT KELAS XI SMAN 4 BULUKUMBA

  • Dimi Nurainung Qalbi
  • Rafiqa Rafiqa UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Syihab Ikbal UIN Alauddin Makssar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajar mengguanakan media video animasi stop motion pada kelas XI 2) Mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan media power point pada kelas XI 3) Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan media video animasi stop motion dan power point pada kelas XI. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching-only posttest-only kontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 123 orang yang tersebar dalam 4 kelas.Sampel penelitian berjumlah 50 orang yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan teknik matching sampel (Sampel Sepadan).Lokasi penelitian bertempat di SMAN 4 Bulukumba. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan media animasi stop motion sebesar 81.96 dan nilai rata-rata peserta yang  diajar dengan media power point sebesar 76,32 di mana pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan media animasi stop motion berada pada kategori tinggi dan kelas control yang diajar menggunakan power point juga berada pada kategori tinggi. Selanjutnya, berdasarkan hasil hipotesis yang diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain ada perbedaan hasil belajar signifikan yang dimiliki siswa antara siswa yang diajar menggunakan animasi stop motion.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad,Azhar., 2015. Media Pembelajaran.Jakarta : Rajawali Pers

Benson.Integrating animations, Naratives, and textual information for improving Physich learning Atlanta, GA 30332-0280, 198

Fraenkel, Jack and Norman S. Wallen.2009. How to Design and Evaluate Research in Education.New York: McGraw-Hill

Listryorini,sri., 2010.Skripsi Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Langsung Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XII SMAN 1 Klaten.

Sobur, Alex.2006., Semiotika Komunikasi .Bandung: Remaja Rossdakarya.

Safei,Muh., 2011.Media Pembelajaran.Makassar: All Rights Reserved.

Siregar,Sofyan., 2010.Statistik Parametrik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sukardi.2009., Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya.Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2017-09-01
How to Cite
Qalbi, D. N., Rafiqa, R., & Ikbal, M. S. (2017). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VIDEO ANIMASI STOP MOTION DAN MEDIA BERBASIS POWERPOINT KELAS XI SMAN 4 BULUKUMBA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 106-112. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3416
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 300 times