PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING ANTARA YANG MELAKUKAN DAN TIDAK MELAKUKAN FIELD TRIP

  • Muchlis Japar
  • Eka Damayanti UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang menggunakan model reciprocal teaching  yang melakukan  field trip dengan hasil belajar yang menggunakan model reciprocal teaching yang tidak melakukan field trip dalam pembelajaran Fisika peserta didik SMAN 2 Binamu Jeneponto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berdesain eksperimen. Sampel terpilih melalui Convenience sampling yang terpilih XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 menjadi kelas control. Instrumen yang berupa LKPD dan tes. Pengolahan data menggunakan uji t diperoleh hasil thitung = 0,1045 dan ttabel = 2,0211 dengan α = 0.05 dan dk = 25+25 -2 = 48. Hal ini menunjukkan bahwa thitung(0,1045) ≤ ttabel(2,0211) . Jadi H0 diterima dan H1 ditolak, artinya tidak ada perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan  dan tanpa melakukan filedtrip pada kelas XI IPA SMAN 2 Binamu Jeneponto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agoro, Aminat Aderonke, 2013, “Effectiveness Of Reflective- Reciprocal Teaching On Pre-Service Teachers’ Achievement And Science Process Skills In Integrated Science”,vol 1 no. 8 (August 2013), h.4.http://www.ijern.com/journal/August-2013/36.pdf. (Diakses 13 Agustus 2017)

Damayanti, Eka. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yogyakarta. Jurnal Biotek, Vol 3 No 2, hal 54-69 (Online, http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1023/993, diakses pada 1 November 2016)

Dimyati & Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, 2010, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dryden, Gordon & Jeannette Vos, 2002, Revolusi Cara Belajar The Learning Revolutio): Belajar Akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan Fun, Bandung: Kaifa.

Husdarta & Saputra, Yudha M., 2013, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bandung: Alfabeta.

Irham, Muhamad & Wiyani, Novan Ardy., Psikologi Pendidikan,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lailaturohmah, 2010, ”Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan Hasil Belajar pada materi pokok Jajargenjang dan belah ketupat, Skripsi (Studi Tindakan Kelas MTs Miftahul Falah Rembang kelas VII B semester 2 TAHUN PELAJARAN 2009-2010)”. Skripsi, Semarang: Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo

Moeslichatoen, 2004, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah, NK, 2008, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta,

Purwanto, Ngalim, 2011, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahmawati, 2010, ”Fieldtrip,Literasi sains dan sikap terhadap sains siswa SMA pada materi Ekosistem”.Skripsi, Surabaya: Fakultas Ekonomi UNESA Kampus Ketintang.

Sanjaya, Wina, 2008, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Setyono, Ariesandi, 2008, Mathemagics Cara Jenius Belajar Matematika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ismail, SM, 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Sagha Grafika.

Sudjana, Nana, 2009, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana, 1989, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwarno,Wiji, 2009, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Suyitno, Amin, 2001, Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1, Semarang: UNNES.

Suyitno, Amin. 2011, Sertifikasi Guru Matematika SMP/MTs (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru), Semarang.

Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya, Jakarta: Kencana.

Yaumi, Muhammad, 2012, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Jakarta: Dian Rakyat.

Published
2017-09-01
How to Cite
Japar, M., Damayanti, E., & Nur, F. (2017). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING ANTARA YANG MELAKUKAN DAN TIDAK MELAKUKAN FIELD TRIP. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 134-147. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3481
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 357 times